728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 23 November 2015

Yuk Cari Tau Apa Penyebab Mimisan

Kayuagung - apa sebenarnya penyebab mimisan? Biasanya saat mimisan disertai rasa pusing yang tidak terlalu hebat, munculnya rutin hampir 3 bulan sekali.

Mimisan atau epistaksis dalam bahasa medisnya, merupakan perdarahan pada rongga hidung yang menurut asal lokasi perdarahannya dapat dibedakan menjadi 2 yakni perdarahan anterior dan perdarahan posterior. 90% perdarahan anterior disebabkan oleh cidera pada plexus Kiesselbach yang terletak pada sekat rongga hidung. Sementara perdarahan posterior disebabkan oleh gangguan integritas arteri yang terletak pada bagian belakang rongga hidung (misal arteri sfenopalatina). Secara garis besar, penyebab epistaksis dapat dibedakan menjadi 3 yakni lokal, sistemik, dan idiopatik (tidak diketahui apa penyebabnya). Penyebab lokal epistaksis antara lain trauma, iritasi mukisa, abnormalitas sekat rongga hidung, peradangan mukosa rongga hidung, tumor; sedangkan penyebab sistemik epistaksis antara lain gangguan profil pembekuan darah, telangiektasi herediter.

Keluhan pusing yang Anda alami merupakan kondisi yang umum dijumpai baik akibat kehilangan darah yang bersifat akut maupun akibat faktor penyebab utama mimisan itu sendiri. Saat timbul perdarahan, pastikan obmm memberikan penekanan pada rongga hidung selama 5-10 menit. Pengunaan kompres es diperbolehkan untuk mempercepat penghentian perdarahan.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Yuk Cari Tau Apa Penyebab Mimisan Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio