728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 11 November 2015

Yuuk Cari Tahu Apa Sebenarnya Lokio itu

Kayuagung - Mungkin kita sering menemukannya dalam berbagai jenis masakan. Tapi, bisa jadi kita kurang mengenalnya dengan baik. Itu sebabnya, mari kita kenalan lebih jauh dengan lokio, si bawang batak.

Lokio termasuk bawang-bawangan. Bentuknya lebih kecil dari bawang dan berwarna putih. Masyarakat di luar kota Medan atau Sumatera, mengenal lokio sebagai pelengkap dalam asinan. Rasanya mirip bawang, teksturnya renyah, tapi aromanya sangat khas. Mari kita kenal lebih jauh dengan lokio, si bawang batak.

Membeli Lokio

Di pasar atau supermarket, lokio biasa diikat dalam ikatan kecil karena memang fungsinya lebih mirip bumbu ketimbang makanan utama, walaupun ikut dimakan. Jika kita ingin membeli lokio, sebaiknya pilih yang kekar umbinya, putih mulus, dengan akar yang masih segar dan belum kering.

Membersihkan Lokio

Cara membersihkan lokio adalah dengan membuang akarnya, juga bagian yang kecokelatan. Sepintas mirip cara membersihkan daun bawang.

Menyimpan Lokio

Bungkus dalam kantung plastik atau tempatkan di dalam wadah yang tertutup rapat. Simpan dalam lemari es, pasti rasanya lebih segar.

Mengolah Lokio

Lokio sebagai bumbu ketimbang bahan utama. Menambahkan beberapa lokio dalam masakan seperti masakan ikan atau udang, akan membuat hidangan jadi beraroma unik. Tambahan lokionya sendiri, menciptakan sesuatu yang renyah terutama kalau bahan utamanya lembut.

Orang batak biasanya menggunakan lokio antara lain untu membuat arsik, yaitu ikan yang dimasak lama di dalam bumbu kuning dengan banyak serai.


Olahan Lokio

Lokio bisa dimasak bersama daging-dagingan yang sarat bumbu, pepes, atau asinan/ acar. Dalam masakan, lokio hampir tak pernah disandingkan dengan sayuran saja.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Yuuk Cari Tahu Apa Sebenarnya Lokio itu Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio