728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 09 Desember 2015

6 Hal Yang Terjadi Saat Bersepeda

Kayuagung - Beberapa tahun yang lalu sepeda adalah kendaraan paporit untuk menunjang aktivita. Mungkin saat ini anda adalah orang yang masih suka bersepeda dari pada memaikai kendaraan lain saat beraktivitas. Kebiasaan anda ini sangat baik untuk kesehatan. Bersepeda jadi cara olahraga menyenangkan yang punya banyak manfaat kesehatan, seperti yang digambarkan dalam infografik dari fix.com berikut ini.


1.  Olahraga ringan

Bersepeda memberikan efek ringan (low impact) yang tidak melelahkan ketika dilakukan secara berkala dan dalam jangka waktu lama, tidak seperti olahraga kardiovaskular lainnya yang mudah membuat tubuh lelah seperti berlari. Bahkan sepeda sangat nyaman dilakukan untuk mereka dengan usia senja 70-80 tahun.

2. Meningkatkan energi dan menurunkan rasa lelah

Sebuah penelitian menemukan bahwa bersepeda mampu meningkatkan energi sebanyak 20% dari sebelumnya dan menurunkan kelelahan hingga 65%. Yang lebih menakjubkan, bersepeda bisa merangsang pelepasan dopamin di otak sehingga ingatan lebih tajam dan fresh.

3. Menjaga jantung

Dalam sebuah penelitian kecil membuktikan, seorang wanita yang bersepeda dengan intensitas sedang hingga tinggi (sering) sebanyak 3 kali per minggu dengan waktu paling tidak 30 menit, setelah satu tahun ternyata mampu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Bersepeda juga menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

4. Membakar kalori

Bersepeda santai (10 meter per jam) ternyata bisa membakar kalori lebih banyak daripada jalan kaki biasa. Bahkan bersepeda dengan kecepatan sedang (12-14 meter per jam) bisa membakar 500 kalori hanya dalam waktu 60 menit, dan masih bisa membakar kalori setelah bersepeda selama detak jantung belum kembali normal.

5. Meningkatkan kewaspadaan mental

Sebuah penelitian menemukan bahwa memori, daya ingat dan kinerja otak seseorang jadi lebih baik setelah melakukan aktivitas bersepeda selama 30 menit, baik secara langsung maupun menggunakan sepeda statis.

6. Membuat kamu panjang umur
 
Karena bersepeda bisa menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, membakar kalori, menjaga kebugaran otak dan jadi olahraga jantung yang baik, bersepeda didaulat jadi olahraga yang bisa memperpanjang seseorang yang melakukannya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 6 Hal Yang Terjadi Saat Bersepeda Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka