728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 16 Desember 2015

Adat Istiadat Kelahiran Pampangan

Kayuagung - Apabila seorang ibu hamil untuk pertama kalinya, maka sampai bulan kesembilan dari kehamilannya setiap bulan oleh orang tuanya akan dimandikan dengan sesajen kembang tujuh rupa/warna serta benda-benda lain yang diperlukan dalam pelaksanaannya. Dalam istilahnya disebut Mandi Keramas, selanjutnya waktu akan melahirkan pada zaman dahulu dibantu oleh Dukun Bayi. Namun karena kemajuan zaman sekarang hampir seluruhnya dibantu oleh Bidan.

Apabila sudah melahirkan biasnya para ibu-ibu tetangga akan datang menjenguk sebagai ucapan selamat dengan membawa oleh-oleh seperti sabun mandi, sabun cuci, pakaian bayi atau uang. Bagi kaum bapak biasanya seperi tidak acuh saja.

Selanjutnya bagi keluarga yang mampu akan mengadakan selamatan guna pengguntingan dan peresmian nama anak tersebut. Dalam istilahnya disebut Nyukur. Kebanyakan selamatan itu diadakan pada malam hari dengan acara membaca Barzanji dan Marhabah untuk kaum tua (bukan anggota muhammadiyah) sedangkan bagi penganut kaum muda (anggota Muhammadiyah) cukup dengan mengadakan ceramah saja . Selesai acara marhabah atau ceramah, maka dilanjutkan dengan pengguningan rambut si bayi sebanyak hitungan ganjil, tetapi pada umumnya sampai tujuh orang.

Menurut kebiasaan ibu-ibu yang hamil pada kehamilan hitungan ganjil seperti hamil ketiga, kelima, ketujuh, dan seterusnya disebut Penengking. Pada waktu kehamilan penengking ini para ibu harus hati-hati dan ini diperlukan juga Keramas. Menurut pendapat tersebut bahwa kehamilan penengking akan sulit waktu melahirkan. Hal tersebut memang pernah terbukti dan bagi yang kurang percaya hal tersebut dianggap biasa saja.


Oleh : Rusdiana A Karim


Lihat juga :  
Adat Perkawinan Pampangan
Bukit Batu Serunting Sakti 
Asal Mula Terjadi Bukit Batu (Keluarga Kecil Bujang Tue) Air rumbai OKI 
Adat-Istiadat Kematian Dalam Masyarakat Pampangan OKI
Adat Istiadat Dalam Mendirikan Rumah Masyarakat Pampangan OKI 
Asal Usul Sejarah Desa Pampangan 
Sejarah Terbentuknya Dusun Dan Marga Pampangan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Adat Istiadat Kelahiran Pampangan Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka