728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 14 Desember 2015

Kekurangan MIneral Kalium & Tanda Tandanya

Kayuagung - Saat terpikir tentang nutrisi makanan, mungkin kalium akan terlewatkan dari pikiran obmm. Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam banyak fungsi termasuk mengatur cairan dan menjaga otot bekerja dengan benar.  sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa semakin banyak kandungan kalium dalam tubuh memungkinkan seseorang terlindungi dari penyakit jantung dan ginjal.
Bagi orang dewasa, jumlah asupan kalium yang direkomendasikan sekitar 4.700mg setiap hari. Kabar buruknya, sebagian besar orang hanya mendapatkan setengah dari jumlah itu.

Terkait dengan kekurangan asupan kalium dalam tubuh, berikut ini merupakan lima tanda yang menunjukkan bahwa tubuh kamu kekurangan kalium.

1. Kurang sayur dan buah
Buah-buahan dan sayuran adalah sumber kalium terkaya. Sehingga ini sebenarnya adalah menu wajib yang ada di piring kamu. Jika menu dalam piring kamu sebagian besar terdiri dari daging, pati halus atu makanan kemasan, ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu kekurangan kalium. Tingkat kalium terendah cenderung terjadi pada mereka yang kurang mengonsumsi makanan segar.

2. Merasa lelah dan lemah
Memang benar ada banyak faktor yang bisa membuat kamu merasa lelah dan lemah. tetapi, jika kamu merasa telah banyak mendapatkan istirahat tetapi masih merasa belum cukup, cobalah perhatikan menu makanan kamu. Jika menu kamu kurang sayuran, maka kekurangan kalium bisa jadi penyebabnya. Untuk mengatasi itu, sekali lagi ditekankan untuk mendapatkan konsumsi menu makanan dari sayuran dan buah. Ini akan membuat kamu merasa lebih fit.

3. Memiliki tekanan darah tinggi
Kelebihan berat badan, mengonsumsi terlalu banyak garam, dan sejarah kondisi kesehatan keluarga bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang melakukan uji coba melalui tikus yang diberi makanan rendah kalium berakhir dengan hipertensi (tekanan darah tinggi). Kalium membantu mengimbangi natrium. Karena itu, orang yang banyak mengonsumsi makanan asin dan tidak diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah, sangat rentang terkena hipertensi.

4. Kram otot
Kurang kalium dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kram otot. Ini seringkali terjadi pada mereka yang rutin melakukan olahraga atau atlet yang bekerja keras dan berkeringat banyak. Penyebabnya adalah keluarnya elektrolit dan potasium saat berkeringat berlebihan. Cara tercepat untuk mengatasinya adalah mengonsumsi minuman yang kaya kandungan elektrolit.

5. Jantung berdebar-debar
Ketika kadar kalium dalam tubuh sangat rendah, ini bisa menjadi hal yang serius. Ini bisa menyebabkan kamu merasa seperti jantung berdebar-debar atau jantung terasa seperti akan keluar dari dada. Ketidakteraturan detak jantung ini bisa disebabkan oleh rendahnya kalium. Jika ini terjadi padamu, segeralah menghubungi dokter.

Cara terbaik untuk mendapatkan mineral ini adalah dengan mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran setiap hari. Ada beberapa makanan yang kaya akan kalium seperti buah pisang, kentang yang dipanggang dengan kulitnya, bayam, strawberi dan brokoli.

Sumber : Merdeka.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kekurangan MIneral Kalium & Tanda Tandanya Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio