728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 14 Desember 2015

Bahaya Mengkonsumsi Kacang Secara Berlebihan

Kayuagung - Banyak manfaat sehat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi kacang, untuk itu jika anda tidak suka kacang sebaiknya anda harus mulai menyukainya. Namun mengkonsumsi kacang harus sesuai batas atau tidak berlebihan karena mengkonsumsi kacang-kacangan di luar kendali alias berlebihan justru mendatangkan bahaya bagi kesehatan kita, mengutip dari prevention.com, berikut ini merupakan tiga bahaya kesehatan jika mengonsumsi kacang-kacangan berlebihan.

1. Menaikkan berat badan dengan cepat

Konsumsi kacang-kacangan secara berlebih dapat mempercepat peningkatan berat badan kamu. Ini karena kandungan kalorinya yang cukup padat. Setiap ons kacang-kacangan mengandung lebih banyak energi dibandingkan dengan makanan lainnya. Sebagai contoh, satu ons kacang almond mengandung 163 kalori. Sedangkan satu ons kacang almond yang dimasak sebagai pasta mengandung sekitar 37 kalori

2.Gangguan pencernaan

Jika kamu pernah merasa perut kembung setelah mengonsumsi kacang-kacangan, maka ini adalah efek samping yang umum terjadi. Penyebabnya adalah senyawa dalam kacang-kacangan yang disebut dengan phytates dan tanin. Kedua senyawa inilah yang membuat kacang-kacangan sulit dicerna. Saat masuk ke dalam tubuh, kacang-kacangan dapat melewati sistem pencernaan.
Inilah yang memicu adanya gas dan menyebabkan perut menjadi kembung jika kamu mengonsumsi kacang terlalu banyak. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak lemak yang ada dalam kacang-kacangan dalam satu waktu dapat menyebabkan diare.

3.Rambut rontok

Meskipun sehat, mengonsumsi terlalu banyak kacang-kacangan dapat memicu kerontokan pada rambut kamu. Selain rambut rontok, kerapuhan pada kuku, napas bau, dan otot sendi yang terasa sakit juga dipicu oleh kelebihan mengonsumsi kacang-kacangan. Biasanya gejala ini dipicu oleh kelebihan mengonsumsi kacang brasil. Keracunan selenium yang ada dalam kacang brasil adalah penyebabnya.
Satu porsi kacang Brasil (sekitar delapan biji) mengandung sepuluh kali lipat jumlah selenium harian yang direkomendasikan. Kacang Brasil pada kenyataannya memang sangat kaya kan kandungan selenium. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang Brasil tidka lebih dari empat hari adalah saran yang direkomendasikan oleh para ahli.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bahaya Mengkonsumsi Kacang Secara Berlebihan Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka