728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 15 Desember 2015

Cara Mengatasi Ketombe yang Membandel

Kayuagung - Tinggal di negara tropis memang membuat rambut mudah berketombe. Meski bukan keluhan serius, namun rambut berketombe tentunya membuat rasa percaya diri berkurang. Penyebab ketombe sebenarnya cukup sederhana dan berkaitan dengan kondisi sehari-hari, seperti kulit kepala kering, atau justru kulit kepala berminyak dan iritasi, jarang keramas, adanya penyakit kulit kronis tertentu, jamur malassezia, atau kulit kepala sensitif terhadap produk perawatan rambut tertentu.
Untuk mengatasi ketombe, diperlukan kebiasaan bersih supaya ketombe hilang dan tidak kembali. Pilih sampo berbahan lembut untuk mengurangi minyak di kepala. Jika ketombe terus muncul, maka pilihan sampo khusus ketombe yang mengandung bahan-bahan berikut:
  1. Zinc pyrithione, yang merupakan bahan antibakteri dan anti jamur.
  2. Sampo dengan bahan dasar tar hitam sisa olahan arang yang dapat membantu menghilangkan ketombe dan memperlambat proses pengikisan alami kulit kepala menjadi ketombe.
  3. Sampo yang mengandung asam salisilat, yang berfungsi sebagai scrub alami untuk menghilangkan sisik pada kulit kepala.
  4. Sampo selenium sulfide, untuk memperlambat penuaan dan kematian sel-sel kulit serta mengurangi kondisi malasseza. Sampi ini bisa memudarkan cat rambut. Pastikan Anda menggunakannya sesuai arahan dan membilas rambut sebersih mungkin setelah mengenakannya.
  5. Ketoconazole, yang merupakan agen anti jamur yang dapat membantu mengatasi ketombe jika jenis sampo lainnya tidak efektif.
Jika ketombe sudah bisa dikendalikan, secara bertahap kurangi penggunaan sampo di atas hanya dua sampai tiga kali saja seminggu atau sesuai kebutuhan. Pijatkan sampo ke kulit kepala, diamkan selama lima menit agar menyerap lalu bilas rambut sampai bersih.
Untuk mencegah kembalinya ketombe, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:
  1. Usahakan untuk selalu mengontrol stres karena stres bisa mengganggu kesehatan secara keseluruhan, termasuk mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala.
  2. Lebih sering keramas jika kulit kepala Anda termasuk jenis kulit kepala berminyak. Keramaslah setiap hari jika Anda berketombe.
  3. Kurangi penggunaan produk rambut yang banyak mengandung bahan kimia, seperti hair spray, gel rambut, mouse, dan hair wax karena residunya dapat menumpuk di kulit kepala, membuat rambut dan kulit kepala makin berminyak.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung zinc, vitamin B dan lemak sehat.
  5. Berjemurlah di bawah matahari selama beberapa waktu, namun jangan terlalu lama. Tetap kenakan krim tabir surya sebagai perlindungan terhadap sinar ultraviolet.

    Sumber : Vemale.com
     
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengatasi Ketombe yang Membandel Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio