Jangan Remehkan Si Orange Wortel,Intip Segudang Manfaatnya

Kayuagung - Sayuran khas berwarna oranye satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Wortel memang memiliki segudang manfaat, terutama untuk kesehatan mata. Tapi ternyata wortel bukan hanya sumber vitamin A,  Masih ada banyak zat gizi lain yang bisa memberi segudang manfaat wortel bagi kesehatan. Apa saja?

      Dalam secangkir wortel mentah, terdapat vitamin A, 50 kalori, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 3,5 gram serat, dan tidak mengandung lemak dan kolesterol. Vitamin A yang terkandung pada wortel masih berbentuk provitamin A, yaitu karoten danester retinil. Tubuh manusia akan mengelola provitamin A dari wortel dengan menggunakan reaksi-reaksi biokimia menggunakan beberapa enzim dan emulsi lemak.

      Selain vitamin, serat yang ada dalam 100 gram wortel mencapai 3 gram, dan kandungan airnya mencapai 88,2 gram. Kandungan serat dan air yang tinggi ini membantu sistem pencernaan untuk membuang sisa hasil pencernaan lebih mudah. Maka, tidak dipungkiri wortel dapat diaplikasikan untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan alami.

      Tips yang dianjurkan untuk menggunakan wortel sebagai menu diet salah satunya menggunakan wortel sebagai pengganti nasi yang biasanya menjadi suplai karbohidrat harian. Wortel memang bukan menjadi peran utama dalam menurunkan berat badan, tetapi karena kandungannya, wortel menjadi pendukung dalam keberhasilan menurunkan berat badan.

Sumber : Google.com
Diberdayakan oleh Blogger.