Kalau Kita Bersin Jangan Tutup Hidung

Kayuagung - Saat pilek, bersin merupakan kegiatan yang jamak untuk Anda lakukan. Sayangnya, alih-alih membiarkan bersin keluar dengan bebasnya, Anda memilih untuk menutup hidung dan menghentikan bersin tersebut. Mungkin Anda menganggap bahwa kebiasaan ini terlihat tidak membahayakan. Namun sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com, menjelaskan bahwa menutup hidung saat akan bersin bisa membuat gendang telinga Anda retak. Bagaimana bisa?

"Udara yang keluar saat Anda sedang bersin memiliki kecepatan sekitar 160 kilometer per jam. Sehingga jika Anda menghentikan bersin secara tiba-tiba maka tekanan ini akan dialihkan ke bagian tubuh lain seperti telinga yang kemudian dapat mengakibatkan gendang telinga retak dan kesehatan pendengaran Anda bisa terancam," terang penelitian ini.

"Selain bisa membahayakan kesehatan telinga, saat Anda bersin dan Anda menutup hidung maka tekanan udara yang terjebak di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan mata dan kapiler darah di mata Anda bisa juga bisa terluka. Dalam beberapa kasus yang meskipun jarang terjadi, menghentikan bersin yang akan keluar juga bisa menyebabkan stroke karena pecahnya pembuluh darah di otak."

Bersin merupakan pertahanan alami yang diciptakan oleh tubuh untuk menolak serta mengeluarkan bakteri penyebab penyakit. Menutup hidung pada saat Anda akan bersin justru bisa membuat bakteri tersebut semakin masuk ke dalam tubuh dan membuat penyakit Anda tak kunjung sembuh.

Sumber : Merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.