728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 03 Desember 2015

Obat Kanker Usus Yang Paling Mujarab Adalah Brokoli

Kayuagung - Penelitian demi penelitian telah menunjukkan bahwa sayur, khususnya brokoli memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker. Melengkapi hal tersebut, studi terbaru menemukan sebuah enzim dalam sayuran dapat mencegah kambuhnya kanker dengan membunuh sel-sel induk kanker.

 senyawa dalam brokoli dan sayuran lainnya yang disebut dengan sulforaphane menemukan bahwa senyawa ini tidak hanya mencegah kanker tetapi juga mampu mengobati kanker tersebut. Para peneliti menggunakan ekstrak brokoli (Brocoli Sprout Extract-BSE) yaitu suplemen yang mengandung sulforaphane. Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan BSE untuk mencegah atau bahkan mengobati kanker usus besar serta menunjukkan hasil yang positif.

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti melibatkan sekitar 28 peserta dengan usia di atas 50 tahun dan sedang menjalani kolonoskopi rutin. Kolonoskopi adalah pemeriksaan untuk mendeteksi ketidaknormalan pada usus besar dan anus.Para peserta ini diminta untuk menyelesaikan survei tentang kebiasaan makan sayur dan memantau tingkat p-16, gen supresor tumor pada usus besar mereka.

Orang-orang yang mengonsumsi berbagai jenis sayuran setiap hari memiliki kadar tinggi p-16 yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang makan sayuran. Para peneliti percaya bahwa hal ini terjadi karena sulforaphane memicu tubuh untuk mengubah gen agar lebih cepat mencegah pertumbuhan tumor.

Hal ini mengisyaratkan kemungkinan bahwa mekanisme epigenetik pada awalnya dipicu oleh sulforaphane dan metabolitnya. dengan begitu mekanisme hilir dapat dipertahankan setidaknya dalam jangka pendek, bahkan setelah senyawa dieliminasi dari tubuh. Meskipun banyak suplemen BSE yang dijual bebas, para peneliti belum yakin sepenuhnya tentang keamanan dan keefektifan suplemen ini.

Para peneliti juga mengatakan bahwa mungkin ada beberapa risiko penggunaan BSE jangka panjang. Sulfoprane memperkenalkan protein yang disebut Nrf2 yang dapat melawan kanker. Tetapi protein ini juga dapat berkontribusi pada penumpukan plak di arteri. Peneliti menyarankan untuk melakukan konsultasi sebelum mengonsumsi suplemen tersebut. Untuk mendapatkan manfaat suplemen tersebut, mengonsumsi sayuran secara teratur adalah cara yang aman untuk dilakukan.

Sumber : Merdeka.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Obat Kanker Usus Yang Paling Mujarab Adalah Brokoli Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio