728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 14 Desember 2015

Tanaman Pengusir Nyamuk

Kayuagung - Musim penghujan telah tiba maka jentik - jentik nyamuk mulai berkembang biak untuk menjaga diri dan keluarga agar tak terserang DBD sebaiknya anda harus membersikan lingkungan sekitar rumah, menguras bak mandi dan mengubur barang bekas agar jentik nyamuk tak dapat berkembang biak. Namun jika itu sudah dilakukan tetapi nyamuk masih saja ada anda bisa menyiasatinya dengan memelihara beberapa jenis tanaman cantik berikut. Selain dapat menghiasi rumah, aromanya bisa mengusir nyamuk, mari kita simak uraiannya sebagai berikut :

Citronella

Tanaman yang satu ini memang nggak memiliki bunga, tapi warna hijaunya dapat menyegarkan sudut rumah. Selain itu, citronella juga biasa dipakai sebagai bahan baku obat anti nyamuk. Kamu bisa menanamnya di pekarangan rumah bersama koleksi bunga lainnya atau meletakkannya dalam pot kecil di depan pintu masuk. Agar daunnya tetap segar, jangan lupa dirawat dan disiram secara rutin.

Horsemint

Tanaman dengan bunga yang cantik ini juga biasa dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk. Aroma yang dikeluarkan dari horsemint rupanya dapat membingungkan sistem indera pembau nyamuk. Tidak heran jika nyamuk akan segera meninggalkan tempat yang memiliki aroma tersebut. Kini sudah banyak dijual tanaman horsemint dalam bentuk bonsai yang bisa diletakkan di ruang tamu. Namun, jika diletakkan di taman rumah, jangan kaget jika banyak kupu-kupu cantik yang akan datang karena aromanya yang sangat disukai.

Marigold

Tanaman berbentuk bunga yang lebih dikenal dengan mitir atau kenikir ini juga bisa membasmi si nyamuk nakal. Salah satu kandungan di dalamnya, pyrethrum bersifat sebagai insektisida alami. Jadi, rumah akan terbebas dari serangan serangga. Ladies bisa meletakkan satu pot marigold di depan pintu masuk atau di bawah jendela. Namun, jangan pernah membawanya masuk ke dalam rumah jika tidak ingin didatangi lebah.

Ageratum

Bunga yang lebih dikenal dengan sebutan bandotan ini memang menawan. Dibalik bentuknya yang menarik siapa sangka jika ageratum dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Tanaman berdaun hati tersebut memiliki coumarin, salah satu bahan yang biasa dicampurkan pada obat anti nyamuk. Tumbuhan yang membutuhkan banyak sinar matahari ini sangat cocok ditanam di taman depan rumah. Ladies juga bisa meletakkannya dalam sebuah pot di depan pintu masuk. Namun, jangan pernah menggosokkan daunnya pada kulit karena akan mengakibatkan iritasi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tanaman Pengusir Nyamuk Rating: 5 Reviewed By: Ardiansyah Azka