728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 18 Januari 2016

5 Penyebab Susah Tidur atau insomnia

Kayuagung - Susah tidur atau insomnia sering dialami seseorang, namun sayangnya terkadang orang yang mengalami insomnia tak tahu apa penyebabnya.  untuk itu kami akan memberikan alasan mengapa insomnia itu dapat terjadi pada anda. Mengutip dari thealternativedaily.com, berikut ini merupakan lima penyebab tidur kamu tak nyenyak di malam hari.

1. Obat

Beberapa jenis obat mengandung kafein yang dapat menjadi penyebab kamu mata kamu tak bersahabat di malam hari. Beberapa jenis obat yang dapat membuat kamu susah tidur antara lain kortikosteroid, statin, alpha, anti-depresan, perawatan alergi, demensia, alzheimer, dan suplemen arthritis seperti glucosamine dan chondroitin.

2. Parasit

Parasit adalah makhluk kecil jahat yang tinggal di usus atau aliran darah kamu. Keberadaan mereka dapat membuat kamu terjaga sepanjang malam. Para ahli menunjukkan bahwa parasit ini biasanya aktif pada jam 3 atau 4 dini hari.

3. Circadian rhythm disruption

Pernah mendengar tentang bagian kecil dari otak yang disebut dengan kelenjar pineal. Ini adalah kelenjar yang memproduksi seratonin, sebuah hormon yang memengaruhi modulasi pola bangun atau tidur.

Circadian rhythm disruption adalah gangguan irama circadian yang merupakan "jam alami tubuh" yang mengatur siklus 24 jam proses biologis manusia seperti bangun dan tidur.

4. Gula darah

Gula darah yang tak stabil di malam hari dapat menjadi penyebab kamu sulit untuk memejamkan mata. Kondisi gula darah yang tak stabil dapat membantu produksi kortisol (hormon stres) dan menyebabkan kamu sulit untuk tidur.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein di malam hari akan membantu kamu mengatasi kesulitan tidur kamu ini. Ini karena makanan yang kaya akan protein akan membantu menjaga gula darah tetap stabil.

5. kepekaan pada makanan

Usus dan otak memiliki hubungan yang erat. Sehingga, mengonsumsi makanan yang mengiritasi sistem pencernaan dapat menyebabkan kamu sulit untuk tidur. Gluten adalah salah satunya. Ini karena gluten memengaruhi aliran darah ke otak.

Selain gluten, kafein dapat menjadi penyebab kamu sulit memejamkan mata. Tak hanya kopi, kamu bisa mendapatkan kafein dari soda dan juga minuman berenergi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Penyebab Susah Tidur atau insomnia Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio