728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 29 Januari 2016

Lakukan Hal ini Jika Terinveksi Virus Zika

Kayuagung - Saat ini dunia kesehatan sedang melakukan siaga untuk membendung penyebaran virus Zika, virus yang ditularkan lewat nyamuk Aedes aegypti. Jika media penularannya adalah melalui gigitan nyamuk, tentu Anda tak bisa memperkirakannya. Tahu-tahu, Anda sudah merasakan gejala awal dari munculnya virus Zika dalam tubuh seperti demam, ngilu di persendian, lemas dan mudah letih, munculnya ruam di beberapa bagian tubuh, serta cedera mata.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan?

Sebaiknya Anda tak perlu panik. Sebab WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia telah memiliki beberapa saran jitu untuk mencegah semakin menggawatnya penyakit ini.

"Virus Zika sebenarnya masuk ke dalam tipe penyakit ringan. Jika Anda sudah merasakan gejalanya sejak awal, perbanyaklah istirahat. Kemudian minum banyak cairan sehat serta mengonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter," tulis WHO dalam situsnya.

Sementara untuk mencegah penyakit ini sejak awal, banyak hal yang bisa Anda lakukan seperti:

1. Mengoleskan krim anti nyamuk
2. Menggunakan baju dengan warna cerah yang meminimalkan nyamuk bisa hinggap di tubuh Anda.
3. Usahakan untuk tidur menggunakan mosquito nets yang dipasang di tempat tidur Anda.
4. Bersihkan secara teratur bak yang menjadi tempat penampungan air atau kosongkan bila tidak perlu. Sebab tempat tersebut menjadi tempat favorit nyamuk untuk bertelur.
5. Terakhir, jaga selalu kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda dengan melakukan pengasapan untuk mencegah berkembangnya nyamuk Aedes aegypti.



Sumber : merdeka.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lakukan Hal ini Jika Terinveksi Virus Zika Rating: 5 Reviewed By: Ellen Utamy