Tanaman Liar Ini Bisa Jadi Obat Mujarab

Kayuagung -

1.

Alang alang

 Seringkali tumbuh secara liar di lahan-lahan kosong, alang-alang yang punya nama ilmiah Imperata Cylindrica ini ternyata mampu menjadi obat mujarab.
 Akar alang-alang mengandung arundonin, fernenol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, beta-sitosterol, skopoletin, katerol, asan klorogenat, serta sejumlah besar kalsium.
Dengan sejumlah kandungan bahan kimia alami tersebut, akar alang-alang menyimpan beberapa khasiat seperti diuretik, penurun panas, penenang saraf, dan sebagai penyejuk (astringen). Tak hanya itu, akar alang juga berfungsi sebagai peluruh air seni, mengatasi demam dan juga panas dalam.

2.
Bakau

Tak hanya berfungsi sebagai penahan erosi, tanaman yang memiliki tinggi sekitar 1-25 meter ini juga menyimpan manfaat obat yang tak pernah kita duga. Tumbuh liar dengan akar yang tak beraturan di wilayah hutan mangrove, daerah berlumpur, serta pesisir pantai dan sungai, bakau mengandung zat samak.
Kandungan tersebut membuatnya berkhasiat untuk mengobati disentri, melangsingkan badan, menghentikan pendarahan, homeostasis dan antiseptik. Bagian tanaman bakau yang bisa digunakan sebagai obat adalah kulit batang dan daun.

3.
Benalu

Siapa saja, tanaman yang hidupnya selalu jadi parasit dengan menempel pada dahan pohon lain ini ternyata menyimpan manfaat sehat buat kita. Benalu hidup tak memerlukan tanah, dia hidup dengan menempel pada pohon lain dan bahkan menyerap mineral dari pohon yang ditempelinya tersebut. Benalu yang menempel pada tanaman tertentu seperti teh dapat digunakan sebagai obat antikanker. Sedangkan benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk membasmi amandel.
Jenis benalu pada umumnya dapat digunakan sebagai obat penyakit campak. Hanya saja, masih belum ada kajian ilmiah yang dilakukan untuk memastikan hal tersebut. Bagian benalu yang digunakan sebagai obat adalah batang.

4.
Beluntas

Kenal beluntas? Ini merupakan tanaman yang semak yang tumbuh tegak dan bisa mencapai tinggi hingga 2 meter. Tanaman ini juga memiliki banyak cabang, memiliki rusuk yang halus dan daun memiliki bulu yang lembut. Seluruh bagian tanaman beluntas, baik dalam bentuk segar maupun dikeringkan dapat difungsikan sebagai obat. Beluntas mengandung alkaloid dan minyak atsiri, dan ekstrak akarnya mengandung fraksi metanol.
Daun beluntas dapat digunakan untuk menurunkan panas, menyembuhkan radang dan antiluka. Selain itu beluntas berkhasiat juga sebagai obat skabies, TBC kelenjar leher, menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menghilangkan bau badan, mengatasi sakit pinggang, obat sakit perut, dan sebagai obat batuk.
Air rebusan daun dan batangnya dapat meredakan asma dan gangguan paru-paru lainnya. Tak hanya itu, beluntas juga dapat difungsikan sebagai aromaterapi dan stimulan, serta menguatkan saraf jika digunakan sebagai campuran berendam air hangat.
 ilustrasi tanaman obat.

5.
Bakung putih

Bakung putih adalah tanaman berbatang basah, namun kuat. Tingginya bisa mencapai 1,25 meter dan biasanya tumbuh liar di hutan atau dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini hidup si daerah dengan ketinggian 700dpl terutama di lokasi yang teduh dan lembap.
Bagian tanaman yang digunakan adalah akar, umbi lapis, daun dan biji. Tanaman yang juga memiliki bunga berwarna putih yang indah ini mengandung alkaloid dan licorine (emitikum). Getah umbi lapisnya bersifat peluruh muntah. Akar bakau putih bersifat antiracun, dan daunnya bersifat diuretik.


Sumber : Merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.