728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 28 Februari 2016

Cara Cerdas Atasi Demam Pada Anak

http://www.kayuagung.com/2016/02/cara-cerdas-atasi-demam-pada-anak.html
Kayuagung - Saat sang anak demam, tentunya orang tua akan panik. Namun kepanikan tak akan menyelesaikan permasalahan. Karena saat anak demam kita harus mengetahui apa penyebabnya, untuk itu segeralah bawa anak yang sedang sakit kedokter. Saat anak sakit jangan terbuu - buru memberikan obat karena terkadang demam itu hanya disebabkan lelahnya tubuh sang anak. Sebagai orang tua kita harus mengetahui cara cerdas bagaimana mengatasi demam pada anak, seperti dikutip melalui thehealthsite. Inilah beberapa cara cerdas tersebut :

1. Jangan terburu-buru berikan antibiotik
Saat anak sedang demam jangan langsung memberikan antibiotik, karena terkadang yang dibutuhkan anak hanya parasetamol sederhana. Atibiotik hanya diberikan jika dokter mencurigai adanya campur tangan infeksi bakteri dalam demam tersebut.

2. Menjaga kebersihan tangan
Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan sangat penting untuk mencegah masuknya bakteri jahat. Sebagai orang tua kita harus rajin membiasakan sang anak untuk mencuci tangan, karena anak kecil cendrung malas cuci tanga jika ia tak terbiasa,

3. Mengonsumsi produk segar
Memberikan asupan buah-buahan, jus buah buatan sendiri, dan makanan yang dimasak sendiri akan jauh lebih baik bagi kekebalan tubuh si kecil. Karena makanan itu lebih aman untuk sang anak.

4. Minuman elektrolit
Saat sang anak mengalami muntah atau diare, maka sebaiknya biarkan dia mengonsumsi banyak cairan dan air. Memberikan minuman elektrolit, larutan elektrolit (campuran gula dan garam), Agar diarenya cepat reda, anda juga bisa memberikan juz buah atau air untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh sang anak.

5. Probiotik
Saat memberi makan pada sang anak tidak ada salahnya menambahkan probiotik dalam menu makanan anak sangatlah penting. Probiotik bekerja untuk membantu kelancaran pencernaan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Mungkin cara ini juga akan menjaga tubuh sang anak agar tetap sehat.

6. Spons mandi untuk menurunkan panas
Saat menderita demam suhu tubuh sang anak cendrung tinggi, untuk mengurangi suhu tubuhnya yang tinggi, Orang tua bisa menggunakan spons mandi. atau bisa juga menggunakan air hangat untuk membersihkan tubuhnya atau menggunakan kompres air dingin.

7. Dehidrasi
Saat sang anak tak buang air kecil selama lima atau enam jam, maka ini bisa saja merupakan pertanda si kecil mengalami dehidrasi. Kamu bisa mengatasinya dengan memberikan si kecil banyak cairan atau bahkan cairan elektrolit.

8. Hindari air setelah muntah
Jika si kecil mengalami muntah, jangan langsung berikan minuman atau cairan apapun setelah dia muntah. Tunggulah minimal selama 30 menit sebelum kamu memberikannya cairan apapun (air putih, jus atau teh hangat).

9. Segera kunjungi dokter
Jika demam anak tak kunjung turun lebih dari tiga hari dan dia terlihat lemah sekaligus muntah sebanyak 5 atau 6 kali sehari, maka kamu harus segera membawanya ke dokter.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Cerdas Atasi Demam Pada Anak Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio