728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 03 Februari 2016

Signal Yang Diberikan Tubuh Saat Mengalami Gangguan Tiroid

Kayuagung - Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depanleher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Ternyata tiroid juga bisa terkena gangguan, saat ia mengalami gangguan maka iapun akan memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan. Seperti dikutip dari lifehack.org, gangguan tiroid bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit seperti merosotnya atau melonjaknya berat badan, infertilitas, dan mood yang naik turun. Wanita berusia 35 tahun ke atas punya risiko lebih besar mengalami gangguan tiroid. 

Sekarang, yuk kenali tanda-tanda umum seseorang terkena gangguan tiroid. Jangan-jangan selama ini kamu merasakan tanda-tanda ini hanya saja tak menyadari kalau itu adalah sinyal tubuhmu mengalami gangguan tiroid.

1. Hilangnya Gairah Seksual

Hipotiroid bisa menghilangkan gairah seksual. Gairah seks yang rendah umumnya disebabkan oleh sedikitnya hormon tiroid. Hormon tiroid juga mempengaruhi kelenjar anak ginjal juga hormon seks. 

2. Kulit Kering dan Gatal

Ruam-ruam di kulit juga bisa muncul karena buruknya kinerja tiroid yang melemahkan sirkulasi darah, penampilan kulit akhirnya berubah. Selain itu, tubuh yang hanya bisa berkeringat sedikit juga disebabkan oleh lambatnya metabolisme tubuh, kulit akhirnya jadi kering dan gatal karena kelembabannya yang rendah.

3. Sistem Pencernaan Terganggu

Hipotiroid bisa menyebabkan tubuhmu sulit mencerna makanan dengan baik dan menyebabkan konstipasi. Di sisi lain, hipertiroid bisa membuatmu lebih sering buang air dan parahnya lagi bisa menyebabkan diare.

4. Suhu Tubuh Naik Turun

Kelenjar tiroid punya fungsi untuk mengontrol suhu tubuh. Hipotiroid bisa menurunkan suhu tubuh, sementara hipertiroid bisa menaikkan suhu tubuh.

5. Badan Pegal-Pegal Tanpa Tahu Sebab Pastinya

Apakah otot-otot tubuhmu sering terasa sakit atau pegal? Ini bisa jadi tanda fungsi tiroid yang melemah. Hipotiroid bisa membuat produksi hormon pengatur metabolisme berkurang. Akibatnya metabolisme terganggu dan kadang bisa menyebabkan kerusakan saraf.

6. Gampang Capek dan Sering Lupa

Sering gampang capek dan kehilangan tenaga secara tiba-tiba? Mungkin itu disebabkan tubuhmu kekurangan hormon. Hal ini bisa mengganggu fungsi otak dan sistem saraf yang menyebabkan rasa kantuk, tubuh yang gampang capek, dan pusing. Suasana hati (mood) yang menurun juga bisa jadi tanda kamu mengalami gangguan tiroid.

7. Berat Badan Naik

Rasa-rasanya kamu makan seperti biasa. Bahkan porsi makanmu sama dengan anggota keluarga atau temanmu yang lain. Tapi kok cuma kamu yang berat badannya naik? BIsa jadi ini karena metabolismemu terganggu karena fungsi hormon tiroid yang tak bekerja sempurna.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Signal Yang Diberikan Tubuh Saat Mengalami Gangguan Tiroid Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio