728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 16 Februari 2016

Kondisi Yang Memicu Kerontokan Rambut

Kayuagung - Banyak hal yang mampu menyebabkan kerontokan rambut, kerontokan rambut meskipun terlihat sepele tapi jika terus dibiarkan berlanjut bisa menimbulkan kebotakan. Jika bagi pria kebotakan itu bisa dianggap biasa, namun jika hal ini terjadi pada kaum wanita tentunya perlu ketahanan mental yang mumpuni. Karena tak jarang akan menjadi bahan ejekan. Untuk mencegah kerontokan rambut, ada baiknya kita untuk mengetahui penyebabnya. Mengutip dari thehealthsite, berikut ini merupakan deretan lima kondisi tubuh yang menyebabkan kerontokan rambut.

1. Kista

Polystic Ovary Syndrom (PCOS) adalah kondisi di mana hormon pria atau androgen mengalami sekresi yang berlebihan sehingga mereka membentuk kantung kecil berisi cairan di ovarium yang dikenal sebagai kista. Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang berefek negatif pada pertumbuhan rambut. Meskipun rambut terlihat tumbuh dengan cepat, tetapi dia juga menyebabkan kerontokan rambut pada kulit kepala.

2. Anemia

Anemia disebabkan oleh rendahnya asupan zat besi dalam pola makan seseorang. Menstruasi berat yang dialami wanita dapat menjadi penyebab anemia. Hal yang serupa juga bisa disebabkan oleh rendahnya asam folat dalam tubuh. Anemia menyebabkan produkis hemoglobin yang rendah yang berarti kurangnya oksigen yang dialirkan ke organ-organ tubuh, termasuk pada folikel rambut. Hal ini menyebabkan rambut lemah dan mudah patah.

3. Menopause

Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita setelah mengalami menopause, salah satunya adalah rambut rontok. Hal ini terjadi karena rendahnya kadar hormon estrogen dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu rambut kering dan kerontokan rambut.

4. Melahirkan
Setelah melahirkan semua wanita akan mengalami kerontokan rambutr karena selam kehamilan mereka mengalami peningkatan estrogen. Tetapi setelah melahirkan, mereka akan mengalami penurunan hormon estrogen karena hormon tersebut mulai kembali pada kondisi normal. Perubahan tersebut dapat menyebabkan rambut rontok. Tetapi, kamu tak perlu khawatir, karena kondisi ini akan kembali normal setelah beberapa minggu.

5. Kekurangan protein

Ini terjadi karena rambut terbuat dari protein, maka pada saat kekurangan protein rambut akan jatuh sebelum waktunya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kondisi Yang Memicu Kerontokan Rambut Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio