728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 11 Februari 2016

Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Beberapa Bahaya Kesehatan

Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Beberapa Bahaya Kesehatan
Kayuagung - Kalau kita tidak pernah memperhatikan durasi tidur  sebaiknya kita harus menyimak ulasan berikut ini. Karena kekurang tidur akan memberikan dampak yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Seperti dikutip oleh thehealthsite, kurang tidur sembunyikan lima bahaya ini bagi kesehatan.

1. Menyebabkan berat badan naik

Kalau kita tidur kurang dari 30 menit sehari dapat menyebabkan gangguan metabolisme. Saat mengalami kurang tidur, sebagian besar orang akan mengganti kekurangan tidurnya di akhir pekan. Cara tidur seperti inilah yang menyebabkan kamu menambah angka pada timbangan berat badan.

Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan lima bahaya kesehatan yang mengancam saat kamu tak mendapatkan tidur yang cukup.

2. Konsentrasiberkurang

Mendapatkan tidur yang kurang jua bisa membuat kamu tak fokus sehingga kurang mampu untuk berkoordinasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari the University of California, San Diego menemukan bahwa kurangnya tidur memengaruhi saraf-saraf di otak yang terkait dengan konsentrasi.

3. Dapat menimbulkan Depresi

Dokter Safwan Badr mengatakan bahwa tidur yang sehat adalah sebuah keharusan bagi fisik, mental, dan kesejahteraan secara emosional. Badr juga menemukan bahwa kurang tidur juga terkait dengan depresi serta meningkatkan risiko genetik bagi seseorang yang menderita gejala depresi.

4. Beresiko terkena serangan jantung

Menurut WHO, kurang tidur memiliki efek negatif yang sebanding dengan efek merokok bagi kesehatan. Sebuah studi yang dilakukan oleh WHO menunjukkan bahwa kurang tidur dapat melipatgandakan risiko bagi orang yang menderita serangan jantung. Tak hanya itu, kurang tidur bahkan meningkatkan risiko stroke hingga empat kali lipat.

5. Memengaruhi memori

Studi telah membuktikan bahwa tidur membantu kamu menghapal dengan lebih baik. Ini karena tidur memicu sinapsis otak untuk memperkuat atau melemahkan sesuai dengan memori. Ini dikenal sebagai potensiasi jangka panjang. Oleh karena itu, kurang tidur dapat menurunkan kemampuan mengingat karena mendorong proses sinapsis tak terjadi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Beberapa Bahaya Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio