728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 22 Februari 2016

Resep Gulai Pekhos khas Danau Ranau

Kayuagung - kali ini kita akan membahas tentang salah satu dari masakan yaitu "Gulai Pekhos" atau gulai berkuah dan bersantan yang rasanya asam pedas. Lebih enak kalau dimakan di pinggir danau dengan ditiup angin yang sepoi-sepoi.
Dalam membuat masakan ini, caranya cukup mudah dan bahan yang kita butuhkan tidak sulit ditemukan dipasar tradisional seperti:
  1. Cabai
  2. Cungkedire (Mengdikha, bahasa Ranaunya)
  3. Kemiri (Kemiling, bahsa Ranaunya)
  4. Bawang Putih
  5. Kunyit
  6. Daun Kemangi
  7. Ikan Bakar
  8. Santan
  9. Daun Bawang

Cara memasaknya :
 "Cabai", tentunya untuk pembuatan gulai ini harus menggunakan cabai berwarna merah, cabai yang kita gunakan bisa cabai rawit dan juga cabai keriting atu cabai yang panjang, kemudian "cungkedire dalam bahasa ranaunya “mendikhaa” yang ukuran kecil, bisa juga tomat. Namun masyarakat ranau sering menggunakan “cungkedire” mengapa? Kata mereka kalau menggunakan cungkedire itu asemnya lebih terasa kmudian lebih enak di rasakan. Kemudian tambahkan kemiri atau kemiling bahasa yang lebih di kenal masyarakat ranau, lalu tambahkan bawang putih bawang merah kemudian kunyit secukupnya sebagai penyegar warna dari masakan, tambahkan kemangi sebagai aroma wanginya kemudian penyedap rasa bila di perlukan. Dan bahan yang satu ini jangan sampai tidak di ikut sertakan karena inilah yang menjadi pelezat juga icon dalam masakan ini yaitu ikan bakar. Ikan yang di gunakan di sini bisa ikan mujair atau nila kemudian ikan palau, kemecutan atau juga hakhongan (versi bahasa ranau), santan, dan terakhir ganda bawang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Resep Gulai Pekhos khas Danau Ranau Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio