728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 22 Maret 2016

Karhutla Isu Strategis Musrenbang Yang Diadakan Bappeda OKI

Karhutla Isu Strategis Musrenbang di OKI
Kayuagung - Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi satu dari lima isu strategis dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun 2017 mendatang. "Isu kebakaran hutan dan lahan menjadi momok bagi Kabupaten OKI dan Sumatera Selatan (Sumsel)," kata Bupati OKI H Iskandar SE saat membuka Musrenbang di Aula Bappeda OKI, Selasa (22/3).
Iskandar bercerita, 4 hari yang lalu dirinya bertemu langsung dengan Panglima TNI untuk membahas pencegahan Karhutla dan bidang pertanian. Upaya strategis sudah disiapkan seluruh stakeholder dalam mencegah Karhutla di OKI tahun ini. "Saya ingatkan kepada seluruh camat dan kades agar tidak membiarkan ada lahan atau tanah yang tidak digarap. Apabila lahan itu menganggur maka berpotensi terjadinya kebakaran," ujar Iskandar yang juga mewarning pemecatan camat jika masih terjadi Karhutla.

Sedangkan di bidang pertanian dikatakannya, pertemuan dengan Panglima TNI juga untuk meminta dukungan agar Kabupaten OKI masuk skala nasional dan menjadi 3 besar daerah penghasil padi di Indonesia. Panglima TNI merespon permintaan dukungan itu karena telah menyiapkan anggaran pencegahan Karhutla.
Kepala Bappeda OKI Makruf CM SIP MSi menambahkan, ada 5 isu strategis yang ada di Kabupaten OKI. Isu-isu itu yakni, berlakunya UU Nomor 23 tahun 2014 yang isinya kewenangan langsung dari Pemerintah Kabupaten dialihkan ke Pemerintah Provinsi dan Pusat.

"Isu lainnya, adanya ketimpangan pembangunan antar wilayah, penanggulangan kemiskinan, pencegahan Karhutla dan terbatasnya sumber pembiayaan," ujarnya sembari mengatakan isu Karhutla telah dihadapi dengan cara mensinergikan program Pemkab OKI dengan jajaran TNI, Polri, Pemprov dan Pemerintah Pusat. Tentunya, kata Makruf, Musrenbang merupakan tahap ke-4 untuk rencana pembangunan jangka menengah tahun 2014-2019. Musrenbang tingkat desa dan kecamatan sudah selesai pada Januari 2016 lalu. (dob)
http://www.kayuagung.com/2016/03/karhutla-isu-strategis-musrenbang-di-oki.html
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Karhutla Isu Strategis Musrenbang Yang Diadakan Bappeda OKI Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio