728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 01 April 2016

Lomba Desa Tingkat Kabupaten OKI, Dorong Pembangunan Desa

Kayuagung - Dalam rangka mendorong terciptanya laju pertumbuhan pembangunan desa, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan Desa, serta sebagai upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan desa, maka diperlukan suatu Evaluasi Keberhasilan dalam memberdayakan masyarakat dalam bentuk Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2016.

Kepala Badan PMPD Kabupaten OKI, Hj. Nursula, S.Sos saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (01/04/16) mengatakan, perlombaan Desa Tingkat Kabupaten OKI 2016 pada hakekatnya merupakan upaya mendorong terciptanya laju pertumbuhan pembangunan desa, dengan cara menilai hasil karya pembangunan atas usaha pemerintah desa dan masyarakat desa yang bersangkutan, dengan membandingkan dan mengklarifikasi data 2 (dua) tahun terakhir di desa peserta lomba, berdasarkan profil desa sesuai dengan indikator penilaian.
Hj. Nursula, S.Sos menjelaskan perlombaan desa merupakan evaluasi tahunan untuk menilai sejauh mana usaha pemerintah desa dan masyarakat desa dalam pelaksanaan pembangunan desa dengan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dalam rangka mempercepat pembangunan dan pengembangan desa melalui kompetisi yang sehat.

Perlombaan desa tahun ini masih berpedoman kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007, dan dalam verifikasi ada 6 (enam) desa terbaik di Kabupaten OKI yang telah lolos seleksi tahap pertama (seleksi adminstrasi) yaitu : Desa Gading Raja Kec. Pedamaran Timur, Desa Batu Ampar Kec. Sirah Pulau Padang, Desa Pematang Kijang Kec. Jejawi, Desa Kerta Mukti Kec. Air Sugihan, Desa Sinar Harapan Mulya Kec. Teluk Gelam, dan Desa Tanjung Sari II Kec. Lempuing Jaya.

Lebih lanjut Hj. Nursula, S.Sos menjelaskan “rencananya dari pemenang desa ini akan diumumkan pada minggu kedua bulan April 2016”. Kemudian hasil dari pemenang lomba Tingkat Kabupaten ini nantinya untuk mewakili Kabupaten OKI dalam hal lomba Tingkat Provinsi.
 
Kriteria penilaian lomba desa ini dinilai dari tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat, tingkat ekonomi masyarakat serta keamanan dan ketertiban masyarakat serta partisipasi masyarakat dan kinerja pemerintahan desa lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan serta kesejahteraan keluarga dan juga inovasi ataupun inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat. Desa yang berbasis tekhnologi informasi serta pelestarian adat dan budaya masyarakat serta desa yang tanggap siaga bencana.

Adapun tim penilaian lomba desa ini dibentuk berdasarkan keputusan Bupati Ogan Komering Ilir No.136/Kep/BPMPD/2016 tanggal 13 Februari 2016 yang terdiri dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dinas Pendidikan Kabupaten OKI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Koperasi , Dinas Kesehatan, Badan Koordinasi Keluarga Berencana, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, dan DPD Asosiasi LPM serta tim penggerak PKK Kabupaten OKI.

Hj. Nursula, S.Sos mengharapkan masyarakat termotivasi untuk melaksanakan pembangunan dari desa untuk peningkatan kualitas hidup, ekonomi, politik, dan social budaya sesuai dengan Visi dan Misi Bupati OKI Bapak Iskandar, SE Membangun OKI Dari Desa.






  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lomba Desa Tingkat Kabupaten OKI, Dorong Pembangunan Desa Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio