728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 20 April 2016

Posyandu Wijaya Kesuma II Kabupaten OKI Berpeluang Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Kayuagung - Penilaian Lomba Posyandu yang diselenggarakan di Desa Terate Kecamatan Sirah Pulau Padang (SP Padang) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan mengusung Posyandu Wijaya Kesuma II untuk mengikuti lomba Posyandu Tingkat Nasional. Acara penilaian posyandu ini dipusatkan di lapangan SD Negeri SP Padang Rabu (20/4/16).

Posyandu Wijaya Kesuma II  merupakan nominator dalam lomba posyandu tingkat nasional 2016 yang akan bersaing dengan Kabupaten lain diantaranya, Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Kabupaten Solok Sumatera Barat, Kabupaten Tulang Bawang Jawa Timur, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, serta Kabupaten Jemberana Bali.

Bupati Kabupaten OKI Iskandar SE menyatakan sangat mengapresiasi kinerja posyandu di Desa Terate hingga berhasil mendapatkan nominasi hingga sampai tingkat nasional,

"Posyandu Wijaya Kesuma II ini menjadi spirit bagi yang lain untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat,"Ujarnya.

Bupati OKI juga menambahkan upaya peningkatan kesehatan hingga pelosok perdesaan. Menurutnya, Posyandu merupakan garda terdepan serta ujung tombak dalam pelayanan masyarakat dalam bidang Keluarga Berencana (KB), penyelenggaraan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) serta pelayanan dasar kesehatan.

Diakui Bupati, meski saat ini, berbagai pelayanan kesehatan seperti posyandu belum menyentuh secara maksimal, namun upaya-upaya perbaikan akan terus dilakukan Pemkab OKI. Dengan membangun 1 Desa 1 Poskesdes, dan peningkatan status Puskesmas biasa menjadi Puskesmas rawat inap, merupakan bukti keseriusan Pemkab OKI dalam melayani masyarakat,"Mudah-mudahan dengan kedatangan Tim Penilai Nasional beserta rombongan, dapat memberikan nilai yang terbaik bagi Kabupaten OKI," Imbuhnya.

Dalam kesempatan ini juga, Iskandar berpesan kepada masyarakat untuk mengikuti Program Keluarga Berencana (KB), menyertakan anak-anak dalam program kesehatan seperti pemberian Polio atau PIN, juga bagi ibu hamil selalu memeriksakan kehamilan agar ibu dan bayi sehat.
Gelar acara penilaian posyandu ini mengambil tema, "Dengan Membangun OKI Dari Desa Kita Ciptakan Generasi Sehat Siap Membangun Negeri Melalui Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Nasional Tahun 2016" dihadiri SKPD, FKPD, Ketua Tim Penggerak PKK beserta rombongan, Camat se-OKI, Organisasi Kepemudaan dan undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua PKK SP Padang Ekawati Amd.keb membeberkan untuk Kecamatan SP Padang mempunyai luas wilayah 532 Hektar, dengan jumlah warga 2811 orang yang terdiri 1304 Laki-laki serta sisanya Perempuan berjumlah 1507 orang.

Ekawati juga mengungkapkan, jumlah balita 94 orang, Ibu Hamil 28 orang serta Ibu Menyusui 25 orang dalam pelayanan kesehatan dasar dilayani oleh posyandu Wijaya Kesuma II secara maksimal. Peranan kader posyandu juga membantu melayani masyarakat dalam pelayanan masyarakat terutama bagi Ibu dan Bayi.

Ekawati juga berterima kasih atas arahan dan bimbingan Ketua Tim Penggerak PKK OKI dalam membantu berupa dana ataupun obat-obatan, vitamin, serta bantuan lainnya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Ketua Tim Penilai Posyandu Pusat Endang Budi Martini mengatakan kedatangan Tim Penilai ini merupakan klarifikasi dari laporan yang diterima dari Posyandu Wijaya Kesuma II. Kedatangan ini akan menilai langsung beberapa kegiatan yang masuk dalam penilaian,"Saya yakin, dengan melihat keadaan di Kecamatan SP Padang, terutama Posyandu, Kabupaten OKI mampu bersaing dengan Kabupaten lainnya. Mudah-mudahan, bisa mendapatkan Pakarti Utama yang merupakan penghargaan tertinggi dalam penilaian ini," Tuntasnya (RS)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Posyandu Wijaya Kesuma II Kabupaten OKI Berpeluang Raih Penghargaan Tingkat Nasional Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio