Kapolda Sumsel Dan Bupati OKI Silahturahmi

Kayuagung - Kesinergian yang telah terbentuk antara pemerintah daerah, Polri, TNI dan masyarakat di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), merupakan bentuk persatuan dalam menjaga keamanan di Bumi Bende Seguguk.


Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati OKI, Iskandar SE, dalam kata sambutannya pada acara kunjungan kerja Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Djoko Prastowo SH MH, sekaligus tatap muka dan silaturrahmi bersama FKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda di Kabupaten OKI, yang dilaksanakan di Pendopo Kayuagung, Selasa (31/5/2016).


Lebih lanjut Iskandar mengatakan, kesinergian dalam menjaga keaman dan persatuan tersebut ditandai dengan terbentuknya forum komunikasi bela negara , ditambah dengan dukungan dari 5.000 lebih anggota satgas linmas yang tersebar diseluruh kecamatan se-Kabupaten OKI.


"Dalam menjalin persatuan untuk membentuk keaman, Pemerintah Kabupaten OKI bahkan melakukan nota kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, mengenai keamanan serta antisipasi atas konflik yang sering terjadi diperbatasan, demi menjaga situasi dan kondisi keamanan tetap terjaga secara kondusif," ujarnya.


Sementara itu Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Djoko Prastowo SH M, dalam kata sambutanya mengatakan agar tetap terus menjaga keamanan dan persatuan yang telah terjalin. "Meskipun saya berada di Palembang, apa yang dilakukan dan terjadi diwilayah Kabupaten OKI akan terus saya pantau dan monitoring, baik itu dibidang pertanian, restorasi gambut, keamanan dan lain-lain," ujarnya.


Kapolda Sumsel juga menghimbau kepada masyarakat agar terus menjaga kewaspadaannya, sebab awal terjadinya tindak kejahatan dikarenakan ada niat serta didukung oleh kesempatan yang ada, maka terjadilah sebuah tindak kejahatan.


"Apa yang terjadi baik dari sektor keamanan ataupun lainnya itu kembali lagi dari niat kita sendiri, oleh karena itu kita mempunyai tanggung jawab bersama untuk menghilangkan niat dan kesempatan para pelaku melakukan tindak kejahatan," katanya.


Dijelaskanya, salah satu kewaspadaan dalam mengantisipasi hal-hal tersebut dimulai dari keluarga. Seperti halnya, apabila ada keluarga anda yang menggunakan narkoba hendaknya agar segera melaporkan ke pihak terkait.


"Dengan melakukan tindakan tersebut maka sipengguna narkoba dapat diselamatkan, sebab kita akan memberikan pembinaan dengan menjalani proses rehabilitasi yang semuanya dibiayai oleh pemerintah," jelasnya sambil mengatakan jika sebaliknya tidak segera dilaporkan, tanggung sendiri resikonya bila tersandung masalah hukum terkait penggunaan narkoba.


Dalam kesempatan tersebut Kapolda Sumsel mengapresiasi kinerja Polres OKI dalam mengungkap penemuan 1 hektar ladang ganja dan tempat perakitan senjata api rakitan di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang beberapa waktu yang lalu.


Diakhir kegiatan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Djoko Prastowo SH MH, melakukan penyematan rompi anti peluru kepada beberapa anggota jajaran Polres OKI, dan memberikan helm beserta jaket kepada tukang ojek di kota Kayuagung dengan memakaikannya langsung.
Diberdayakan oleh Blogger.