Bangun Sahur Ala Satlantas OKI

Kayuagung - Kantisaurkabtibmas Polres bersama masyarakat Ogan Komering Ilir (OKI) setiap menjelang sahur selalu berkeliling menabuh beduk membangunkan umat muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Selain membangunkan sahur Satlantas dan Sabhara Polres juga berpatroli menjaga keamanan lingkungan.

Kegiatan patroli beduk sahur ini rutin dilakukan oleh jajaran Satuan Lalulintas bersama Sabhara Polres OKI dengan cara mengendarai kendaraan patroli lantas yang diatasnya disiapkan sebuah beduk dan seraya dipukul oleh anggota lantas yang bertugas, hal ini jelas sangat unik, selain guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat juga membantu masyarakat yang harus bangun untuk bersiap-siap masuk untuk sahur.

Kapolres OKI AKBP Amazona Pelamonia SIk SH dengan adanya Kantisaurkabtibmas bersama masyarakat ini, pihaknya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu waspada dalam mengantisipasi berbagai tindak kejahatan yang dapat menimpa siapa saja dan dimana saja. Sbab itu masyarakat hendaknya dapat lebih berhati-hati dalam melaksanakan berbagai kegiatan diluar maupun di dalam rumah.

“Kalau mau sholat tarawih hendaknya rumah dikunci dengan rapat serta pastikan tidak ada api bekas memasak yang masih menyala maupun aliran listrik yang dapat menyebabkan terjadinya konsleting listrik,” kata AKBP Amazona, Minggu (12/6). 

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk berhati-hati dalam memarkirkan kendaraan diluar rumah, sebab hal ini akan mengundang reaksi para pelaku curanmor untuk melaksanakan aksinya, oleh karenanya jika kendaraan diparkir diluar hendaknya ditambah dengan kunci pengaman. “Tambah kunci pengaman jika perlu untuk kendaraan yang diparkir diluar,” tutur Kapolres.

Disinggung mengenai kegiatan patroli beduk sahur yang dilaksanakan oleh sat lantas, Kapolres menyambut baik hal tersebut dan meminta jajarannya di masing-masing fungsi untuk terus menggiatkan patroli sehingga dapat mengantisipasi berbagai ancamana tindakan kriminalitas. “Tingkatkan dan tidak hanya dilakukan oleh Polantas juga polsek-polsek yang berada di kecamatan lain wajib melaksanakan hal yang sama, Kantisaurkabtibmas bersama masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Yudha Widyatama Nugraha SIk SH mengatakan, selama bulan ramadhan ini Satlantas Polres OKI melaksanakan patroli beduk sahur atau kantisaurkabtibmas, kegiatan ini dilakukan dengan cara mengendarai mobil patroli satlantas, kemudian diatas kendaran tersebut disiapkan beduk dengan alat pukulnya, selanjutnya berkeliling dengan tujuan membangunkan masyarakat untuk bersantap sahur.

Dikatakannya, selain merupakan kegiatan patroli rutin dalam menjaga kamtibmas dan mengantisipasi kriminalitas. “Patroli beduk sahur ini selain untuk menjaga kamtibmas, kita juga membantu masyarakat untuk bangun sahur, kita juga berikan himbauan kepada warga agar jangan meninggalkan pintu terbuka, meninggalkan kendaraan di luar rumah tanpa kunci pengaman,” ujar Kasat.

Menurutnya, kegiatan patroli ini dilakukan berkeliling disejumlah jalan protocol dan berkeliling di perumahan warga di Kayuagung, diantaranya simpang Tugu Gajah Celikah, Jalan Raya Sepucuk, Jalan Arah Desa Serigeni dan Talang Pangeran, anggota polisi yang ada diatas mobil patroli seraya memukul beduk dengan meneriaki kata-kata sahur-sahur kepada seluruh masyarakat yang dilintasinya.

“Kegiatan ini kita gelar selama ramadhan, intinya selain membangunkan sahur masyarakat yang lebih penting lagi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama menjalankan ibadah puasa, setiap kegiatan kita menurunkan 2 unit kendaraan lalulintas dengan 8 orang anggota,” tutur AKP Yudha.

Terpisah, masyarakat di Desa Serigeni Palo (38) sangat terbantu dengan adanya Kantisaurkabtibmas Polres bersama masyarakat. “Saya sebagai warga desa sangat terbantu dengan adanya gerakan kantisaurkabtibmas Polres,” singkat Palo selain itu, keamanan juga terjaga.
Diberdayakan oleh Blogger.