728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 15 Juni 2016

Bupati OKI Iskandar SE Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian

Kayuagung - Dinas Pertanian Kabupaten OganKomering Ilir mengadakan acara penyerahan bantuan Alsintan (Hand Tracktor) dan Pompa Air Untuk Meningkatkan Hasil Pencapaian Swasembada Pangan Khususnya Padi, Jagung dan Kedelai di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Rabu (15/06/16) bertempat di halaman Dinas PertanianKab. OKI.

Bantuan alsintan diserahkan langsung oleh Bupati Ogan Komering Ilir, Bapak H. Iskandar SE, kepada Kelompok Tani, yang dihadiri, Dandim 0402 OKI Letkol Kav Dwi Irbaya sandra, Polres OKI, Kejaksaan Negeri OKI, KepalaDinas, KepalaDesa, Dan KelompakTani se-OKI.

Dalam Sambutanya Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar SE mengatakan “Pertanian ataupun katehanan pangan yang saat ini kita kejar adalah tanggung jawab bersama, tanggung jawab pertanian yaitu tanggung jawab masyarakat petani, tanggung jawab pemerintahan yaitu semua unsur pemerintah, baik Bupati, FKPD, SKPD, TNI, Polri dan Kejaksaan, kita kerja bersama-sama’’.

Lebih lanjut Iskandar SE mengajak “Pertanian ini bukan main-main, karena tidak ada satupun negara di dunia ini termasuk indonesia, apabila tidak menguasai ketahanan pangan, tidak mampu menguasai pangan maka jangan harap negara itu akan menguasai rakyatnya.

Iskandar SE juga mengharapkan “Kepada para kelompok tani dan para usaha-usaha jasa alsintan untuk terus bekerja keras, untuk mempertinggi produksi sasaran target 800 ribu ton, di bidang pertanian dan jagung serta kedelai dan besarharapan kami juga agar masyarakat yang belum tergabung dalam kelompok-kelompok, baik kelompok usaha pertanian, baik kelompok perkebunan dan lain-lain agar membuat kelompok-kelompok, karena pemerintah hanya boleh membantu masyarakat melalui kelompok-kelompok.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Syarifudin mengatakan “Dengan adanya peningkatan IP (indeks pertanaman) dari satu kali menjadi dua kali bahkan menjadi tiga kali, paling tidak diharapkan dari makro ada peningkatan produksi beras, padi, jagung, dan kedelai, untuk IP 100 diharapkan padi, IP 200 Padi dan IP 300 diharapkan di palawija jagung dan kedalai, diketahui jagung dan kedelai di indonesia sendiri masih mengimpor, sementara untuk konsumsi jagung dan kedelai sangat tinggi, dan ini merupakan ruang bisnis bagi pengusaha, petani, para kaum muda, dan karang taruna untuk dapat meningkatkan atau mencari peluang bisnis disektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ilir Syarifudin berharap “Semangat petani dalam rangka mendukung program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai dengan semboyan mari manfaatkan sejengkal tanah dan setetes air untuk bercocok tanam pada, jagung dan kedelai.

Dandim 0402 OKI Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra juga mengatakan “Pendampingan tetap, tetapi jika ada anggota baru dari komando atas dari korem, dari kodam, langsung kita tata untuk pertanian dan langsung turun ke sawah tidak ada cerita Ogan Komering Ilir Harus nomor 4 Nasional.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bupati OKI Iskandar SE Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio