728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 07 Juni 2016

Jadikan Gigi Tetap Sehat Meskipun Sedang Berpuasa

Kayuagung -  Selain kesehatan tubuh, kesehatan mulut juga harus kita jaga saat berpuasa. Mulut yang sehat akan menjadikan gusi dan gigi tetap sehat. Meskipun nafas orang yang berpuasa akan bau namun jika mulut sehat maka bakteri tidak akan menyerang kesehatan mulut. Seperti dikutip prevention.com, inilah beberapa cara yang menjadikan gigi tetap sehat dibulan puasa :

Pastikan bahwa kamu menyikat gigi dengan teratur. Meski sedang puasa, usahakan tetap menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Biar lebih berkah, usahakan menyikat gigi setelah makan buka puasa dan setelah makan sahur. Hal ini dilakukan agar saat menyikat gigi kita tidak ragu apakah merasakan pasta gigi di siang hari saat menyikat gigi bisa membatalkan puasa atau tidak.

Usahakan untuk selalu konsumsi air putih yang cukup. Dalam ilmu kesehatan, seseorang disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas perharinya. jadi, usahakan agar saat buka puasa hingga sahur, bisa minum air sesuai ketentuan tersebut.

Setelah puasa selama satu hari penuh, sangat nikmat rasanya jika kita berbuka dengan sesuatu yang segar dan manis. Tapi ingat, usahakan agar tidak berbuka dengan berlebihan makanan atau minuman yang seperti ini saat berpuasa karena hal ini bisa merusak kesehatan dan kebersihan gigi. Selain makanan atau minuman manis juga dingin, hindari juga makan makanan atau minuman yang panas dan pedas. Dua hal ini ternyata juga dipercaya bisa merusak kesehatan dan juga kebersihan gigi.

Saat berwudhu, usahakan untuk berkumur dengan baik dan tepat. Usahakan pula untuk berkumur dengan teratur. Selain bisa membuat mulut menjadi lebih segar, berkumur juga bisa membuat sisa makanan dan berbagai bakteri di gigi bisa terangkat dengan baik. Dengan begitu, berkumur akan membantu kamu mendapatkan gigi sehat, bersih dan terjaga.

Agar gigi sehat, putih, dan bersih selama berpuasa, disarankan memperbanyak konsumsi makanan kaya serat. Makanan kaya serat bisa berupa sayur dan buah. Akan sangat baik lagi, jika mengkonsumsi sayur dan buah yang memang dipercaya bisa membuat gigi putih seperti apel dan strawberry. Selain sehat dan cantik buahan ini juga , makanan kaya serat juga sangat sehat dan cantik buat tubuh secara keseluruhan.

Agar gigi sehat, putih dan bersih yang terakhir adalah hindari berbagai hal yang bisa merusak gigi selama berpuasa. Berbagai hal tersebut antara lain adalah konsumsi kopi berlebih, merokok, minum minuman beralkohol atau minum minuman bersoda dan mengandung pemanis buatan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jadikan Gigi Tetap Sehat Meskipun Sedang Berpuasa Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio