728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 20 Juni 2016

Kebiasaan Buruk Penambah Berat Badan Dibulan Puasa

Kayuagung - Meskipun berpuasa namun berat badan tetap naik, berarti anda telah melakukan tujuh kebiasaan ini disetiap makan sahur atau berbuka. Tujuh kebiasan buruk ini memang diketahui bisa meningkatkan berat badan. Seperti dikutip dari laman Alarabiya, inilah tujuh kebiasaan buruk tersebut:

Di bulan Ramadan, lepas kendali dari perencanaan yang sudah dibuat secara matang-matang, atau malah tidak membuat rencana sama sekali, adalah kesalahan terbesar. Rencana tersebut mencakup menu makanan berbuka dan sahur, berolahraga, bahkan jam untuk tidur. Perencanaan tadi juga meliputi bagaimana menu makanan yang seharusnya tetap dikonsumsi dalam diet seimbang, seperti rincian karbohidrat, adanya serat dari buah dan sayur, protein dari daging dan bahan dari rendah lemak.

Hidrasi adalah kunci untuk menurunkan berat badan selama Ramadan. Minumlah air mineral yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Dengan demikan kita dapat mengontrol keinginan untuk makan dalam porsi banyak. Ganti kopi atau teh hitam dengan teh herbal agar memberikan manfaat yang lebih baik bagi pencernaan.

Pastikan untuk menyediakan porsi yang wajar saat berbuka dan sahur, seperti porsi makan siang dan makan malam biasanya. Pilih makanan yang mengandung banyak cairan, serat, dan protein saat berbuka, mulai dari salad rendah kalori dipadukan dengan dada ayam, ikan, atau kacang-kacangan. Jangan lupa pula untuk memilih karbohidrat sehat seperti nasi merah. Hal ini bertujuan untuk menjaga gula darah dan mencegah Anda makan berlebihan setelah berbuka puasa.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula malah akan menambah berat badan saat Ramadan. Sebaiknya, jadikan bulan Ramadan kali ini sebagai tantangan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula alami seperti buah-buahan, buah kering, dan madu. Pastikan pula jus buah Anda tidak ditambahkan gula buatan.

Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Sebaiknya hindari memasak dengan cara menggoreng, dan perbanyak makanan yang direbus. Bahan-bahan masakan yang dipilih juga sebaiknya yang memiliki kandungan lemak yang baik, misalnya dengan menggunakan minyak zaitun.

Bulan Ramadan bukan berarti harus bermalas-malasan. Sebaiknya, masukkan jadwal olahraga kardiovaskular dan training dalam keseharian kita. Misalnya, berjalan, berbelanja, atau membersihkan rumah selama 15 hingga 45 menit untuk kesehatan jantung.

Sahur adalah hal yang wajib dilakukan agar puasa Anda lancar. Melewatkan sahur malah akan membuat rasa lapar dan nantinya 'kalap' saat berbuka puasa. Kombinasi makanan seimbang saat sahur sangat dianjurkan, seperti karbohidrat dari roti gandum dan protein dari keju dan telur.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kebiasaan Buruk Penambah Berat Badan Dibulan Puasa Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio