Masyarakat OKI Jangan Mudah Terprovokasi

Kayuagung - Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar SE mengadakan Safari Ramadhan ke kecamatan Tulung Selapan, sekaligus Bupati OKI, Iskandar SE beserta rombongan mengecek langsung kondisi jalan rusak di ruas jalan, Rabu (22/06).

Pantauan di lapangan, kondisi jalan telah diaspal. Namun memang di beberapa titik banyak yang berlobang dan harus dilalui dengan pelan- pelan. Kondisi hujan membuat jalan becek dan berlumpur.

Sementara akses jalan menuju Tulung Seluang saat ini masih berupa pengerasan jalan. Sedangkan kondisi jalan Lebung Itam Selapan sekitar 100 meter yang sebelumnya kondisi cukup parah telah dilakukan perbaikan sementara berupa pengerasan jalan menggunakan koral.

Tokoh masyarakat Tulung Seluang A Gani bahwa pihaknya berharap mendpatkan bantuan pembangunan masjid desa. Pihaknya juga mengapreasiasi perbaikan jalan yang dikeluhkan warga. Namun memang pihaknya berharap agar akses jalan menuju desanya bisa segera dibangun.

Ditegaskan Bupati Iskandar SE bahwa pihaknya serius dalam pembangunan infrastrukur maupun sarana dan prasarana. Namun memang pembangunan dilakukan bertahap. "Jalan rusak di wilayah OKI tentu menjadi prioritas kita. Untuk itu masyarakat jangan mudah terprovokasi atas isu- isu tak jelas," ungkap Iskandar SE, pada saat safari ramadhan di Desa Tulung Seluang dan Lebung Gajah, Kecamatan Tulung Selapan.

Iskandar SE menambahkan, pemerintah kabupaten akan melakukan pembangunan secara merata. Pembangunan jalan dari pangkalan lampam- tulung selapan tentu akan diperbaiki swcara bertahap. Kemudian untuk akses jalan Tulung Seluang akan dibuat cor beton. "Tapi memang ada pembangunan yang kita prioritaskan lebih dahulu," ucapnya.
 
Prioritas jalan yang dimaksud ada beberapa titik jalan, yang menjadi pekerjaan rumah dan diprioritaskan oleh pemerintah kabupaten OKI. Diantaranya jalan Kayuagung- Sepucuk yang bersisa sekitar 11 km lagi. “Jalan sepucuk merupakan penghubung empat kecamatan, saat 15 km jalan sudah diperbaiki,” timpalnya. Kemudian penyelesaian jalan simpang kijang – SP Padang, selanjutnya jalan poros mesuji- Lempuing.

Dalam kepemimpinannya selama 2,5 tahun ini jalan- jalan tersebut sudah dilakukan perbaikan sehingga mudah diperbaiki. Tahun ini pembangunannya kembali dilanjutkan untuk menyelesaikan sisa pembangunan yang ada.

Sementara itu dalam safari ramadhan ke desa Tulung Seluang dihadiri Wakil Bupati OKI M Rifai SE, Wakapolres OKI Kompol M Aidil, Sekda OKI Husin S.Pd MM, Anggota DPRD OKI H Subhan dan Murtado, Asisten, Staf ahli, SKPD, Camat, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sebelum memberikan kata sambutan Bupati OKI menyerahkan bantuan untuk Masjid Amirul Amin Desa Tulung Seluang, berupa uang 5 juta rupiah, genset, jam dinding, Al Quran satu paket, dan Bupati OKI juga menyerahkan bantuan Al Quran dan Jusama dari PT. Bumi Mekar Hijau. Sedangkan bantuan untuk Mesjid Baitul Hayat uang 5 juta rupiah, mix warles, Al Quran satu paket dan jam dinding.

Iskandar SE menambahkan “Kalau ulama dan umaroh bisa bersatu Insya Allah masyarakat bisa sejahtera, adil, dan makmur. Makmur dalam keadilan dan adil dalam kemakmuran. Selain itu, akan adanya peningkatan keimanan dan ketakwaan masyarkat”.

Setelah berbuka puasa dan sholat magrib, Bupati melanjutakn perjalanan ke Desa Lebung Gajah, melaksabakan sholat isya dan tarawih bersama warga di Masjid Baitul Hayat.

Sementara itu kepala dinas PU Bina Marga Kabupaten OKI, Ir. Hafiz, MM mengatakan perbaikan ruas jalan Pangkalanlampam-Tulung Selapan sudah teralokasi pada pemeliharaan periodik ruas jalan tersebut.

"Totalnya ada 36 titik yang mengalami kerusakan. Perbaikan sudah mulai kita lakukan di titik nol. Memang kendala hujan yg membuat pekerjaan jadi terlambat. Mudah-mudahan sebelum lebaran sudah diperbaiki terutama pada spot-spot yang parah" kata hafiz.

Sambungnya, bahwa tender proyek pembangunan jalan tersebut sudah selesai 25 Mei lalu. Nantinya jalan tersebut akan di cor beton.

Dari hasil peninjauan langsung pihaknya bahwa ruas jalan yang paling rusak sekitar 150 meter tepatnya di Desa Lebung Gajah- Air hitam. Jalan tersebut rusak parah akibat guyuran hujan beberapa bulan terakhir. “Namun pengerjaannya per spot yang, hal ini karena keterbatasan dana. Namun akan kita optimalkan terutama dibagian jalan yang rusak parah,” ungkapnya.

Sebelumnya Camat Tulung Selapan, Z. Fanani membenarkan keluhan warganya terkait kerusakan jalan diwilayah tersebut. Dikatakannya pihak kecamatan dan warga sudah melakukan gotong royong dan penimbunan pada titik kerusakan yang parah. Namun karena hujan. Timbunan tersebut rusak kembali.

Dia berharap warga dapat bersabar dan membantu agar petugas yang sedang bekerja melakukan perbaikan dapat bekerja lebih cepat.
Diberdayakan oleh Blogger.