728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 19 Juli 2016

Tips Menggoreng Ikan Agar Minyaknya Tidak Meletup

Kayuagung - Pada saat kita Menggoreng ikan  sering mengalmi masalah yaitu minyaknya sering meletup dan hal tersebut membuat dapur menjadi berantakan akibat percikan minyak panas.tidak hanya membuat kotor area meja kompor tapi juga bisa terciprat pada tangan dan menimbulkan rasa panas yang tidak nyaman,lantas bagaimanakah cara aman dalam menggoreng ikan agar minyak panasnya tidak meletup bahkan mencederai tangan kita? ini dia cara nya :

  • Perhatikan Jumlah Minyak

    Tips pertama agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan adalah jangan gunakan minyak terlalu banyak saat menggoreng. Pastikan untuk selalu memperhatikan jumlah minyak. Akan sangat baik, jika kamu menggunakan minyak sebanyak sepertiga dari besar penggorengan atau bahkan kurang. Menggunakan minyak yang sedikit akan meminimalisir terjadinya letupan saat proses menggoreng ikan berlangsung.
  • Perhatikan Suhu Minyak

    Pastikan untuk memperhatikan suhu minyak saat menggoreng ikan. Jangan menggoreng ikan dengan minyak yang terlalu panas karena hal ini akan membuat minyak meletup. Gunakan api dengan suhu kecil saat menggoreng ikan. Memang ikan akan lebih lama matangnya, tapi dipastikan ikan akan matang sempurna dan dagingnya pun akan lebih empuk.
  • Bumbu Masak

    Usahakan untuk menggunakan bumbu masak yang tidak mengandung banyak air agar minyak tidak meletup. Kalaupun menggunakan bumbu yang mengandung air, usahakan untuk merendam ikan di dalam bumbu lalu tiriskan sebentar sebelum akhirnya digoreng.
  • Minyak Vs Air

    Dalam suhu yang sama, jika minyak dan air dicampurkan lalu dimasak bersamaan, air akan mengambang dan menyebabkan letupan di wajan. Untuk itu, usahakan untuk menggoreng ikan dengan minyak goreng yang tidak tercampur dengan air.
  • Teteskan Air Jeruk Nipis

    Beberapa orang percaya bahwa meneteskan air jeruk nipis ke dalam minyak sebelum ikan dimasukkan adalah cara mudah mencegah minyak meletup. Selain tetesan air jeruk nipis, meletakkan daun pisang di dasar minyak juga memungkinkan minyak tidak meletup saat ikan dalam proses penggorengan.
Itulah beberapa tips mudah agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan. Tips yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba tips ini dan semoga tips ini bermanfaat. Semakin semangat buat memasak, khususnya memasak ikan karena di dalam ikan mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat baik buat kesehatan.

Sumber : Vemale.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Menggoreng Ikan Agar Minyaknya Tidak Meletup Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio