728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 23 Agustus 2016

Apa itu Tanaman TOGA

Kayuagung - OBMM Belakangan ini sering sekali kita mendengar kata tanaman Toga.tanaman toga ialah  Tanaman obat keluarga yang biasa dijadikan obat herbal yang di tanam di pekarangan sekitar tempat tinggal kita. Obat herbal sendiri terus bertambah dari tahun ke tahun. Mulai dari penemuan tanaman obat, penemuan manfaat, dan penemuan cara pengolahan baru. Penemuan ini bisa terjadi karena adanya penelitian atau bahkan ditemukan secara tidak sengaja. Uniknya, terkadang sebuah tanaman dianggap dapat menjadi obat karena bentuk atau strukturnya yang menyerupai organ manusia.  sebut saja wortel, seledri, jahe, dan lemon

Pemakaian herbal sebagai obat sudah dimulai sejak zaman dahulu. Hampir semua sejarah di benua-benua di dunia ini memiliki riwayat penggunaan tanaman sebagai obat. Pemakaian obat herbal bisa jadi diturunkan dari orang-orang terdahulu. Cara pengolahannya pun beragam, bisa diseduh, dimakan, untuk berkumur dan juga sebagai obat luar.

Obat herbal sampai sekarang sudah digunakan secara luas di negara seperti Cina, Meksiko, India, dan Mesir. Penggunaanya juga bermacam-macam berdasarkan kebudayaan atau jenis pengobatan yang dilakukan. tanaman obat sangatlah unik, karena dari 1 tumbuhan, bagian-bagiannya memiliki khasiat yang berbeda-beda. Mulai dari batang, buah, daun bahkan akar.Dan 1 bagian terkadang dapat digunakan untuk jenis pengolahan yang berbeda.

Karena penggunaannya yang luas inilah, tidak bisa dipungkiri kebutuhan obat herbal saat ini mungkin sama seperti kebutuhan obat medis. Bisa jadi OBMM lebih percaya pada tanaman obat daripada obat-obat buatan manusia. Karena pada dasarnya alam adalah sumber dari apa yang telah dicapai manusia hingga saat ini.

Tanaman toga sendiri sekarang bayak dikembangkan oleh kaum ibu ibu untuk di proses dlm pembuatan obat herbal,tidak hanya itu saja di sekolah sekolah pun tanaman toga juga sudah memenuhi perkarangan.Banyak keuntungan yang di dapatkan dari tanaman toga itu sendiri.

Berikut adalah daftar tanaman obat keluarga ( TOGA ) berserta manfaatnya :

1. Kunyit (Curcuma domestica Val.)
Biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau yang biasanya digunakan oleh masyarakat Bangka Belitung untuk membuat masakan lempah kuning. Berbagai penyakitpun dapat diatasi oleh nya diantaranya : anti mikroba, pencegah kanker, mengatasi penyakit maag, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, anti oksidan, mengatasi rasa mual, pembalut luka dan menghilangkan gatal - gatal pada kulit.

Salah Satu Manfaat :
  • Menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah adalah dengan meminum airnya yang didapat dari memarut kunyit kemudian ambil sarinya berupa air. Lakukan hingga kadar lemak dan kolesterol turun.
2. Jahe (Zingiberaceae)
Tanaman ini sudah cukup terkenal dikalangan pecinta minuman herbal yang cukup ampuh menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin. Disamping itu beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh jahe antara lain : menyembuhkan batuk, meningkatkan kekebalan tubuh, mangatasi masuk angin, sakit kepala, mengatasi mabuk darat dan laut, obat luka memar dan menghambat oksidasi kolesterol.

Salah Satu Manfaat :
  • Mengatasi batuk, melegakan nafas, masuk angin dan kepala pusing dengan cara menumbuk tidak terlalu harus kemudian diseduh dengan air panas dan tunggu mengendap. Minum selagi masih hangat.

3. Kencur
Tanaman obat ini dapat juga digunakan sebagai bumbu masakan yang digunakan umumnya untuk membuat sayur bening. Beberapa khasiatnya antara lain untuk memperlancar haid, menghilangkan rasa lelah, mengatasi batuk dan anti peradangan lambung.

Salah Satu Manfaat :
  • Mengatasi batuk dan sebagainya dengan cara yang sama persis dengan membuat ramuan tanaman jahe di atas.

4. Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb)
zat aktif berupa kurkumin pada temulawak terbukti berkhasiat sebagai obat anti peradangan seperti mengatasi keracunan empedu dan hepatitis B.

Salah Satu Manfaat :
  • Memperlambat proses penyebaran virus hepatitis dan mengobati dengan cara memarutnya terlebih dahulu kemudian diminum. Ulangi hingga sembuh.

5. Lengkuas
Jika ingin membuat rendang sudah dipastikan menggunakan tanaman obat ini. Namun tahukan kita bahwa lengkuas yang memiliki zat aktif galangol, methyl-cinnamae, galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat dan amilum terbukti ampuh mengatasi penyakit diantaranya : melancarkan peredaran darah, membuang toxin dan radikal bebas dalam tubuh, penambah nafsu makan, menyembuhkan rematik dan limfa, meredakan diare, mengatasi mabuk darat dan laut dan mencegah tumor.

Salah Satu Manfaat :
  • Menjadikannya sebagai bahan bumbu masakan adalah cara efektif untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit atau dengan merebus 3 ruas lengkuas yang sudah diiris tipis-tipis dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1/2 gelas air. Minum air rebusan tersebut diwaktu pagi sebelum sarapan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Apa itu Tanaman TOGA Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio