728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 26 Agustus 2016

Manfaat Aduhai Bawang Bombai

Kayuagung - OBMM Bawang bombay adalah bawang yang berukuran besar. Bawang itu tidak dihasilkan di Indonesia, melainkan beradasarkan namanya bawang bombay berasal dari india. Bawang ini seperti bawang merah, memiliki bentuk yang berlapis-lapis dan memiliki rasa pedas.

Ketika kita mengirisnya, tidak jarang mata kita akan berair karena efeknya yang panas dan pedas. Bawang bombay sering dikreasikan dengan berbagai macam makanan yang bahan bakunya adalah bawang bombay. Onion ring adalah salah satu makanan kriuk yang terbuat dari bawang bombay. Harga bawang bombay lebih mahal dibandingkan dengan bawang merah.

 Bawang bombay memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Manfaat itu banyak yang tidak diketahui oleh banyak orang. Berikut ini berbagai macam manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang belum banyak diketahui oleh orang :

1. Menangkal Radikal Bebas
Bawang bombay kaya akan manfaat antioksidan sehingga bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas berefek buruk bagi kesehatan, radikal bebas bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan juga berefek terhadap kesehatan kulit.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Kandungan manfaat vitamin C yang ada di dalam bawang bombay bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jika sistem tubuh meningkat maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh.

3. Menekan Efek Sinogenik
Sinogenik adalah efek yang bisa ditimbulkan dari radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam manfaat bawang bombay bisa digunakan sebagai penekan dari efek sinogenik.

4. Memperkecil Resiko Kanker Kolon
Kanker kolon adalah kanker usus besar dan khasiat bawang bombay bisa menghindarkan kita dari resiko terjadinya kanker kolon. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membersihkan usus dan melancarkan pencernaan.

5. Mencegah Sembelit
Salah satu manfaat bawang bombay bagi kesehatan adalah bisa mencegah terjadinya sembelit. Sembelit bisa dicegah menggunakan bawang bombay yang kaya akan serat. 

6. Anti Virus
Kandungan niacin yang ada dalam bawang bombay bisa digunakan sebagai anti virus. Niacin itu bisa bermanfaat dalam menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, misalnya saja adalah flu atau pilek dan juga influenza.

7. Mengobati Penyakit Cacingan
Mengkonsumsi bawang bombay juga bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya adalah dengan membuat bawang bombay sebagai makanan kemudian dikonsumsikan kepada anak yang menderita cacingan.

8. Mengatasi Maag
Mengkonsumsi bawang bombay juga bisa digunakan sebagai obat maag. Hal itu dikarenakan di dalam manfaat bawang bombay, terdapat kandungan natrium yang bisa menormalkan kadar asam lambung di dalam lambung.

9. Memperkuat Tulang
Tulang bisa harus dijaga kesehatannya dan juga kepadatannya. Kandungan manfaat kalsium pada bawang bombay bisa digunakan sebagai penguat tulang dan menghindarkan diri dari osteoporosis.

10. Meningkatkan Hemoglobin (Hb)
Hb bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi bawang bombay. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat kandungan manfaat zat besi tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi bawang bombay secara teratur bisa membuat kandungan zat besi di dalam tubuh menjadi meningkat.

11. Mengatasi Mual
Rasa panas dan pedas yang dihasilkan dari bawang bombay bisa digunakan sebagai penghilang rasa mual. Caranya sangat mudah yaitu dengan memarut bawang bombay dan ditempelkan pada perut. Rasa paas dari parutan bawang bombay itu bisa digunakan untuk mengatasi mual pada penderita masuk angin.

12. Penghasil Tenaga
Bawang bombay juga bisa digunakan sebagai penghasil tenaga, kandungan lemak dan manfaat karbohidrat yang ada di dalam bawang bombay bisa menghasilkan tenaga. Saat obmm mengkonsumsi bawang bombay bisa membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

13. Menguatkan Gigi
Kandungan kalsium yang ada dalam manfaat bawang bombay tidak hanya menguatkan tulang saja, namun juga bisa digunakan untuk menguatkan gigi. Gigi yang keropos akan mudah patah dan mudah terlepas dari gusi.

14. Mengobati Anemia
Kandungan zat besi yang ada di dalam bawang bombay juga bisa digunakan sebagai pengobat anemia. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat zat besi di dalamnya.

15. Meningkatkan Daya Ingat
Berbagai macam vitamin yang ada di dalam bawang bombay berguna untuk mengingatkan daya ingat otak. Jika daya ingat meningkat maka otak akan terhindar dari kepikunan dan berbagai macam penyakit otak lainnya.

16. Menjaga Asupan Cairan Di Dalam Tubuh
Kandungan manfaat air yang banyak di dalam bawang bombay, bisa menjaga tubuh dari kekurangan cairan. Cairan bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi, jika sudah dehidrasi maka tubuh bisa kehilangan konsentrasi.

17. Menghindarkan dari Penyakit Kardiovaskular
Manfaat bawang bombay juga dipercaya bisa menghindarkan dari penyakit kardiovaskular. Hal itu dikarenakan bawang bombay bisa digunakan sebagai penurun kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol jahat bisa menyebabkan macam-macam penyakit di dalam tubuh. Bawang bombay bisa digunakan sebagai peningkat kolesterol HDL sehingga bisa menurunkan kolesterol LDL.

18. Melancarkan Pembuluh Darah
Makan bawang bombay juga bisa digunakan sebagai pelancar aliran darah di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay banyak mengandung kalori baik yang bisa digunakan untuk pelebaran pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah bisa membuat aliran darah menjadi lancar berbeda dengan penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah sempit, maka aliran darah menjadi terganggu dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Sumber : google.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Manfaat Aduhai Bawang Bombai Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio