728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 05 Agustus 2016

Richard ARG Terpilih Menjadi Ketua Forum Komunitas Hijau Kota Kayuagung

Kayuagung - Untuk mendukung terciptanya Kota Hijau di Kota Kayuagung, Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kabupaten OKI bersama Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) menggelar Forum Grup Diskusi (FGD), di kawasan Plaza Taman Kedomongan Kelurahan Kutaraya, Jumat (05/08/16).

Diskusi kali ini melibatkan beberapa Instansi Pemerintah, Camat, Lurah, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa dan Siswa SMA, serta beberapa komunitas penggiat lingkungan. Forum Grup Diskusi akan mengagas pembentukan Forum Komunitas Hijau Kota Kayuagung dan pembentukan Struktur Organisasi Forum Komunitas Hijau Kota Kayuagung. Selain itu Forum Grup Diskusi juga memberikan penilaian Taman serta penyusunan Rencana Aksi Kota Hijau.

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki perhatian besar terhadap kota yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan ketersediaan ruang terbuka hijau yang memadai. Untuk itu Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kabupaten OKI sedang merancang agenda terciptanya kota hijau di Kota Kayuagung.
 
"Pemerinta Kabupaten OKI tidak mungkin sendirian melakukannya. Semua harus terlibat. Harus melibatkan swasta, komunitas lingkungan hidup, dan kelompok profesional. Hari ini kita berdiskusi yang melibatkan semua komponen masyarakat. Menentukan agenda bersama," kata Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kabupaten OKI Ir.Ifna Nurlela dalam membuka FGD menuju Kota Hijau.

Konsultan Individu PPLH Unsri Riska Drestiani mengatakan “Diskusi ini untuk merumuskan bersama dan menyatukan pemahaman Kota Hijau, inti kota hijau bagaimana mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan untuk anak cucu kita”.

Riska Drestiani melanjutkan acuan untuk menentukan visi Kota Hijau di Kota Kayuagung bisa berdasarkan dari delapan atribut Kota Hijau menurut konsep Pemerintah Pusat yakni Kementerian Pekerjaan Umum yakni Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH).

Yang pertama tahapan perencanaan dan perancangan kota yang ramah lingkungan sehingga masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTWR) Kota, dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR). Kedua upaya bersama meningkatkan ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas RTH sesuai karakteristik Kota dengan berbagai macam strategi guna mencapai target 30 persen.

Kemudian ketiga, tahapan membuat konsumsi energi yang efisien misalkan solar cell maupun listrik tenaga angin. Yang keempat pengelolaan air yang efektif dengan menerapkan zero run off. Sementara kelima, upaya menerapkan pemanfaatan sampah, keenam komunitas hijau, ketujuh transportasi ramah lingkungan, dan kedelapan bangunan gedung atau pemukiman berkonsep lingkungan.

Forum Grup Diskusi ini membentukan Forum Komunitas Hijau Kota Kayuagung dan pembentukan Struktur Organisasi Forum Komunitas Hijau Kota Kayuagung, dengan terpilihnya Richard ARG sebagai Ketua Forum Komunitas Hijau Kota Kayuagung.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Richard ARG Terpilih Menjadi Ketua Forum Komunitas Hijau Kota Kayuagung Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio