728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 03 Agustus 2016

Tanam Perdana Demplot Budidaya Di Desa Pedu Kec Jejawi OKI


Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar SE menghadiri kegiatan tanam perdana demplot budidaya tanam cabai seluas 40 hektar di Desa Pedu Kecamatan Jejawi, pada Rabu (3/08/2016). Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Pertanian Kabupaten OKI Syarifudin SP MSi, Perwakilan Bank Indonesia (BI) Ponco Wibowo, SKPD, Camat Jejawi, seluruh Kades di Kecamatan Jejawi, dan para anggota Kelompok Tani Desa Pedu serta warga setempat.

Bupati OKI mengatakan mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada BI yang kembali memberkan kepercayaan kepada Kabupaten OKI khususnya petani Desa Pedu untuk mengembangkan budidaya cabai.

Iskandar SE berpesan kepada para petani penerima bantuan, agar pengembangan demplot budidaya tanam cabai ditangkap sebagai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan. “Kalau nanti hasilnya bagus, kita tingkatkan. bukan hanya dari inisiasi BI namun juga pengembangan oleh Pemda dan petani,” kata Bupati OKI.

Ponco Wibowo Perwakilan Bank Indonesia (BI) menyampaikan pola Demonstration Plot atau demplot yang biasa dikenal dalam budidaya pertanian dilakukan dalam rangka mencapai optimalisasi hasil produksi pertanian melalui plot-plot percontohan. Dari hasil-hasil ini tentunya dapat dilihat untuk kemudian dibandingkan bagaimana hasil budidaya sebuah komoditi pertanian yang diusahakan melalui plot-plot percontohan dengan pola budidaya secara konvensional/tradisional.

Ponco Wibowo juga mengatakan Budidaya pertanian dengan plot percontohan umumnya memberikan hasil yang lebih nyata baik secara kualitas/mutu produksi maupun kuantititas/tingkat produksi. Hal ini tidak lain karena budidaya dengan demplot umumnya diusahakan secara optimal dengan penggunaan bibit unggul, pengairan, pemupukan, pemberantasan hama penyakit dan penggunaan inovasi teknologi modern.

Melalui budidaya demplot dapat menjadi sebuah upaya yang baik sebagai pembelajaran bagi para petani tentang bagaimana cara berusahatani dengan baik dan benar. Sistem ini juga dapat menjadi contoh kepada para petani bahwa apabila diusahakan dengan maksimal Demplot akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani secara umum.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan OKI Syarifudin SP MSi menyampaikan kepada para petani di Desa Pedu telah berperan aktif mengelola Demonstration Plot atau demplot yang dapat menjadi inspirasi bagi para petani yang lain.

Selain itu Dinas pertanian dan tanaman pangan yang menjadi fasilitator saat ini tengah berusaha mengembangkan tanaman holtikultura yang di kelola secara modern dan profesionalisme agar lebih ekonomis dan dapat meningkatkan pendapatan petani.

Pada Kesempata itu Bupati OKI Iskandar SE menyerahkan bantuan berupa Multitraktor, Pompa air dan kendaraan bak roda tiga dari Dinas Pertanian OKI.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tanam Perdana Demplot Budidaya Di Desa Pedu Kec Jejawi OKI Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio