728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 24 Agustus 2016

Tips memilih Ikan yang Baik untuk membuat Pempek Palembang

Kayuagung - OBMM kalau jalan jalan ke palembang pasti tidak lupa untuk mencoba kuliner yang paling terkenal di kota tersebut,yaitu pempek.iya benar Pempek merupakan makanan khas di kota palembang.bahkan kota palembang disebut juga sebagai kota pempek.Karena menurut sejarahnya pada zaman dahulu kota palembang yang di belah oleh sungai musi ini banyak menghasilkan ikan yang segar dan besar,jadi selain ikan tersebut dimasak maka di buatlah makanan olahan yang berbahan dasar ikan yang di sebut Pempek.OBMM dalam pembuatan pempek kita juga harus memperhatikan kwalitas bahan dasar pembuatanya terutama ikan yang digunakan harus benar benar kwalitas yang bagus sehingga akan menghasilkan pempek yang enak dan gurih rasanya.

Kunci pempek yang nikmat tentu saja ada pada pemilihan ikan dengan kualitas yang baik. Biasanya ikan yang digunakan untuk membuat pempek adalah ikan belida, ikan gabus atau tengiri. Ikan-ikan ini adalah jenis ikan yang berdaging putih sehingga jika dimasak sampai matang pun, tidak mengubah warna pempek. Sehingga tampilan pempek cantik dan menggoda selera makan.

Adapun Cara memilih ikan untuk pempek adalah menekan badan ikan untuk mengecek kekenyalannya. Jangan memilih ikan yang lembek ya, karena ikan tersebut tidak segar dan membuat pempek berubah rasanya. Periksa mata ikan, pilih yang matanya segar mengkilat dan jernih. obmm juga bisa memilih ikan yang insangnya berwarna merah terang atau merah muda dengan aroma segar dan tidak terlalu amis.

Setelah memilih ikan yang berkualitas baik, saatnya membersihkan ikan. Caranya adalah dengan membersihkan sisiknya terlebih dahulu dengan meletakkan pisau di dekat ekor. Tarik pisau menuju ke arah kepala hingga sisik-sisik lepas. Cuci bersih di bawah air mengalir untuk membersihkan sisik yang tersisa.

Jika sisik sudah bersih, kerat sedikit bagian sisi leher ikan untuk menarik keluar isi perutnya. Keluarkan semua isi perutnya lalu bersihkan isi perut ikan di bawah air mengalir. Cara ini akan membuang empedu ikan agar rasanya tidak pahit.

Ikan sudah bersih dan siap diolah menjadi pempek yang super enak rasanya. Selamat mencoba!

Sumber : Vemale.com


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips memilih Ikan yang Baik untuk membuat Pempek Palembang Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio