728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 15 September 2016

Dampak Makanan Kadaluwarsa bagi kesehatan

Kayuagung - OBMM Kedaluwarsa biasanya berupa tanggal tertentu pada suatu produk makanan. Nah, tanggal kedaluwarsa tersebut merupakan batas jaminan produsen terhadp kualitas produknya. Namun, adakah dampak makanan kedaluwarsa terhadap kesehatan? Daripada bingung, yuk, simak penjelasannya berikut ini :

      Semua sebenarnya tergantung pada kualitas makanan yang akan obmm makan, dan kapan memakannya. Misalnya, jika mengonsumsi wortel satu hari setelah tanggal kedaluwarsanya lewat, itu biasanya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan.

      Tapi, untuk bayi, ibu hamil, dan orang-orang yang memiliki beberapa jenis penyakit auto-imun sebaiknya menghindari makanan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa.

      Jika obmm mengonsumsi sepotong daging tiga minggu setelah lewat dari tanggal kedaluwarsa, maka akan membuat sakit perut. Dalam kasus yang lebih serius bahkan bisa menyebabkan keracunan makanan.

      Tanggal kedaluwarsa sebenarnya lebih mengacu kepada kualitas, aroma, dan rasa produk, tidak selalu akan menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan jika dimengonsumsinya melewati tanggal tersebut.

      Dan juga, tanggal kedaluwarsa juga untuk menjadi acuan sebagai tanggal terakhir aman mengonsumsi makanan, sebelum makanan tersebut berubah menjadi busuk. Tapi, ini juga belum berarti setelah tanggal kedaluwarsa lewat makanan akan langsung menjadi beracun.

      Gejala dan efek makanan kedaluwarsa terhadap kesehatan bervariasi, tergantung pada jenis keracunan. Namun, terdapat tanda-tanda umum termasuk kram di daerah perut, muntah, demam, pusing, dehidrasi, dan diare.

      Salah satu tanda yang pasti terdapat pada makanan yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa adalah pertumbuhan jamur. Spora jamur akan menempel pada makanan lewat udara dan mulai tumbuh. Beberapa jamur akan menghasilkan zat beracun.

      Misalnya, mikotoksin dapat tumbuh pada kacang-kacangan, seledri, apel, anggur, dan bahan makanan lainnya. Mikotoksin dapat menyebabkan gatal-gatal, mual, pusing, bahkan kadang akan menyebabkan sakit kepala.

      Dari segi nutrisi, tentunya makanan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa tidak mengandung jumlah nutrisi yang sama dengan yang terdapat di dalam label nutrisi. Bisa jadi, banyak nutrisi yang tidak bisa obmm dapatkan.

Sumber : Vemale.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dampak Makanan Kadaluwarsa bagi kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio