Dinas Pertanian OKI Dan Kodim 0402 OKI/OI Adakan Pekan Tanam Akhir Musim April-September (ASEP) Tahun 2016

Kayuagung - Kegiatan tanam padi serentak di hamparan lahan cetak sawah tahun 2016 di Desa Mulya Guna Kecamatan Teluk Gelam yang mendapat dukungan program sarana dan prasarana dari Kementrian Pertanian RI, dalam rangka peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai yang bersumber dari dana APBN. Dinas Pertanian OKI Dan Kodim 0402 OKI/OI Adakan Pekan Tanam Akhir Musim di Desa Mulya Guna Kecamatan Teluk Gelam, Kamis (29/09/16)

Acara Pekan Tanam Akhir tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati OKI M Rifai,SE, Wakalaklap Cetak Sawah DITZIAD Kolonel CZI Susanto Budi Raharjo, Dandim 0402 OKI/OI Letkol Kaveleri Dwi Irbaya, S.Sos, yang diwakili Direktur Pengolahan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Ir Tri Agustina Satriani, MM, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Ir Irmantria,MM, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI Syarifuddin, SP, M.Si, SKPD, Ketua Organisasi Wanita Se-Kabupaten OKI, Camat Teluk Gelam, Kepala Desa. Kelompok Tani, Para Penyuluh Pertanian Tokoh Agama dan Masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI Syarifuddin, SP, M.Si menyampaikan, pada tahun 2016 Kabupaten OKI mendapat target tanam padi seluas 195.106 Hektar dari luas lahan saat ini 129.594 Hektar. Luas lahan ini termasuk tambahan luas lahan yang diperoleh dari kegiatan cetak sawah tahun 2016 sebanyak 9.146 Hektar dari target 11.000 Hektar. Yang tersebar di enam kecamatan, masing – masing Kecamatan Teluk Gelam 160 Hektar, Kecamatan Tanjung Lubuk 1000 Hektar, Kecamatan Cengal 3052 Hektar, Kecamatan Sungai Menang 2705 Hektar, Kecamatan Tulung Selapan 1364 Hektar, dan Kecamatan Pangkalan Lampam 865 Hektar.

“Pekerjaan kita selama tahun 2016 ini dilaksanakan secara suakelola oleh instansi TNI angkatan Darat dan Kodam II Sriwijaya”.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI Syarifuddin, SP, M.Si mengatakan “dari target luas tanam, diharapkan Kabupaten OkI dapat memproduksi padi sebanyak 851.511 Ton, dengan estimasi provitas 4,8 Ton/Hektar”.

“Sampai tanggal 28 September 2016, realisasi tanam padi Kabupaten OKI sebanyak 185.097 Hektar atau lebih kurang 94,86 %. Realisasi tanam tahun 2015 sebanyak 139.839 Hektar ada peningkatan yang cukup signifikan lebih dari 32%”, sambung Syarifuddin, SP, M.Si.

Dalam sambutannya Wakil Bupati OKI M Rifai,SE mengatakan kepada para petani untuk segera memanfaatkan lahan sepanjang tahun, dari 1 (satu) kali tanam menjadi 2 (dua) kali tanam bahkan 3 (tiga) kali tanam dalam setahun, sehingga dapat memberikan tambahan produksi padi di tahun 2016 dengan begitu dapat mewujudkan ketahanan pangan yang mencakup ketersediaan, kemandirian dan kedaulatan pangan dapat tercapai.

Tokoh Masyarakat Desa Mulya Guna Bapak Sayadi, mengatakan atas nama masyarakat Teluk gelam umumnya dan Desa Mulyaguna khususnya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati OKI Iskandar SE beserta jajaranya yang telah memprogramkan program tanam padi terutama daerah-daerah lahan tidur, serta Komandan Kodim Letkol Kaveleri Dwi Irbaya, S.Sos beserta jajarannya yang selalu mendampingi Gapoktan serta para petani.


Diberdayakan oleh Blogger.