728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 15 September 2016

INi Dia Fungsi Antioksidan yang sebenarnya

Kayuagung - OBMM Antioksidan berasal dari kata “anti” dan “oksidan”. Oksidan adalah bahan-bahan yang mempercepat proses oksidasi (kerusakan sel-sel tubuh). Oksidasi inilah yang menyebabkan kulit menjadi berkeriput, penglihatan menjadi buram, dan lainnya. Untuk lebih lengkap,yuk kita simak, beberapa fungsi antioksidan bagi tubuh :

Menunda Penuaan Dini Kulit

      Oksidan menyerang sel kulit dan menyebabkan kulit menjadi berkeriput dan kusam. Dengan banyak mengonsumsi antioksidan lewat makanan kita bisa menunda proses penuaan dini kulit, sehingga lebih awet muda. Antioksidan yang umum digunakan adalah vitamin E.

Mencegah Hipertensi

      Kombinasi antara oksidan, kelebihan kolesterol, serta lemak menyebabkan timbulnya kerak di dinding pembuluh darah. Kerak ini mengubah sifat pembuluh darah menjadi keras dan sempit. Ini akan menyebabkan hipertensi. Dengan banyak mengonsumsi antioksidan kita bisa mencegah hipertensi.

Mencegah Penyakit Jantung Koroner

      Pergerakan pembuluh darah bisa terjadi di semua bagian tubuh, termasuk di jantung. Jika bagian ini diserang bisa menyebabkan serangan jantung. Agar tidak terjadi, kita bisa memperkecil paparan oksidan dan meningkatkan konsumsi antioksidan lewat makanan.

Mencegah Stroke

      Selain di pembuluh darah jantung, pergerakan pembuluh darah juga bisa terjadi di otak. Penyempitan pembuluh darah di otak sewaktu-waktu bisa menyebabkan terjadinya stroke. Artinya, jika kita banyak mengonsumsi antioksidan, risiko stroke pun bisa kita minimalisir.

Mengurangi Risiko Kanker

      Paparan oksidan yang tinggi juga bisa menyebabkan kanker, misalnya paparan sinar ultraviolet yang terlalu lama. Banyak penelitian membuktikan, konsumsi makanan yang kaya antioksidan bisa secara signifikan menurunkan risiko kanker.

Menjaga Kesehatan Mata

      Paparan oksidan terus-menerus di mata bisa menyebabkan kesehatan penglihatan menjadi terganggu. Pencegahan dari luar berupa penggunaan kacamata harus dibarengi dengan pencegahan dari dalam, berupa banyak mengonsumsi antioksidan, misalnya vitamin A, vitamin C, dan sejenisnya.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

      Oksidan tinggi bisa menyebabkan sistem pertahanan tubuh menjadi lemah, seperti stres kronis, kelelahan, dan kurang istirahat akan menyebabkan Anda mudah sakit. Untuk mencegahnya, pertama-tama hilangkan dulu sumber oksidan, lalu imbangi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, terutama vitamin C.

Sumber : Merdeka.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: INi Dia Fungsi Antioksidan yang sebenarnya Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio