728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 13 September 2016

INI Dia Makanan Penurun Kolesterol dalam Darah

Kayuagung - Jika obmm adalah pecinta daging-dagingan, imbangilah dengan memakan makanan penurun kolesterol dalam darah. Sehabis Hari Raya, Idul Adha,  tubuh yang banyak mengonsumsi makanan yang berlemak mungkin akan terasa tidak enak. Tidak ada salahnya mengonsumsi hidangan dengan bahan yang lebih sehat agar kondisi tubuh jadi seimbang lagi.

      Berikut ini adalah berbagai makanan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Havermut

      Ganti sarapan obmm dengan havermut. Makanan ini mengandung serat larut bernama beta glukan. Beta glukan dapat membentuk gel yang mengikat kolesterol dalam pencernaan dan mencegahnya diserap oleh tubuh. Antioksidan polifenolnya juga mencegah penumpukan sel darah pada arteri.

Teh
 
      Teh mengandung zat-zat yang menurunkan kolesterol dalam darah. Masing-masing teh mempunyai keunggulan. Teh hijau, misalnya, kaya akan EGCG (epigallocatechin gallate) yang dapat menurunkan kolesterol secara cepat. Kadar EGCG dalam teh hijau tinggi karena tidak mengalami proses oksidasi. Sementara itu, sebuah studi yang diadakan oleh USDA menyatakan bahwa teh hitam dapat menurunkan lemak darah hingga 10% dalam waktu tiga minggu.

Buah dan Sayur
 
      Segala makanan yang mengandung serat dan antioksian, contohnya buah dan sayur, dapat membantu menurunkan kolesterol. Namun ada buah dan sayur dengan kadar penurun kolesterol yang lebih tinggi. Contohnya adalah buah alpukat yang mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Begitu juga buah apel serta kulitnya yang memperlambat oksidasi lemak jahat.

      Tomat mengandung antioksidan likopen, sementara sayur bayam kaya lutein yang dapat menghilangkan kolesterol yang menempel pada dinding arteri.

Kacang dan Biji-Bijian

      Jangan salah, walau kacang dan biji-bijian tinggi kalori dan protein, makanan kelompok tersebut juga kaya serat dan asam lemak tidak jenuh. Serat dapat mengikat kolesterol yang dapat memperlambat dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Sementara itu, asam lemak tidak jenuh dapat meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh dan menurunkan lemak jahat. Tambahkanlah kacang merah, kacang tanah, pistachio,  walnut, kuaci labu, biji chia, hingga biji flax dalam menu Anda.

      Itulah makanan yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah, Sobat SaSe. Mari mengonsumsinya agar tubuh kita semakin sehat dan bugar.

Sumber : Google.com
 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: INI Dia Makanan Penurun Kolesterol dalam Darah Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio