728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 15 September 2016

Ini Dia Sumber Antoksidan Paling Baik

Kayuagung - OBMM Secara umum, antioksidan ada dua macam, yaitu golongan vitamin dan nonvitamin. Kedua jenis antioksidan ini bisa kita dapatkan dari hampir semua jenis makanan sehari-hari. Nah, berikut ini ada beberapa sumber penting antioksidan yang perlu obmm ketahui :

Buah

      Buah-buahan kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang paling penting. Selain vitamin C, buah-buah tertentu memiliki antioksidan yang khas. Misalnya buah yang dagingnya berwarna jingga, misalnya pepaya dan mangga yang mengandung antioksidan betakaroten (provitamin A). Tidak hanya di daging, beberapa kulit buah juga mengandung antioksidan, seperti pada kulit anggur, apel, dan manggis. Bahkan, terdapat juga di biji, seperti pada biji anggur dan semangka.

Sayur

      Sayur juga mengandung antioksidan yang khas. Misalnya, pada sayuran berwarna jingga seperti wortel yang mengandung antioksidan betakaroten. Tomat yang berwarna merah mengandung antioksidan likopen, dan lain sebagainya.

Kacang-kacangan

      Banyak mengandung antioksidan golongan vitamin E. Vitamin ini punya banyak fungsi, salah satunya adalah melawan oksidasi dan menghambat proses penuaan dini kulit. Selain itu, seperti kedelai dan kacang hijau banyak mengandung polifenol dan flavonoid, yang termasuk antioksidan penting.

Umbi

      Misalnya, ubi jalar yang berwarna jingga mengandung betakaroten, ubi jalar ungu mengandung antosianin, bit mengandung betalain, dan bawang putih mengandung selenium, antioksidan penting dari golongan mineral.

Susu dan Telur

      Susu mengandung antioksidan vitamin A. Begitu juga dengan telur, tidak hanya itu, telur juga mengandung antioksidan golongan lutein dan zeaxantin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Ikan dan Seafood

      Minyak ikan banyak mengandung antioksidan, baik dari golongan vitamin maupun mineral. Vitamin utama pada ikan adalah antioksidan vitamin A, dan mineral yang banyak pada ikan adalah selenium. Antioksidan yang sama juga terdapat di dalam seafood, seperti cumi dan kerang.

Teh

      Daun teh adalah sumber antioksidan penting yang berada di luar kelompok makanan. Daun teh memang tidak kita makan, tapi seduhannya mengandung polifenol katekin yang merupakan antioksidan kuat. 

Sumber : Google.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ini Dia Sumber Antoksidan Paling Baik Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio