jenis pisang yang cocok untuk digoreng

Kayuagung - OBMM Tidak semua jenis pisang cocok untuk digoreng. Untuk menghasilkan tekstur gorengan yang pas, pisang yang digunakan haruslah yang bertekstur padat dan agak keras. Selain itu, pisang harus memiliki kadar air yang relatif rendah. Pasalnya, jika pisang yang digunakan adalah tipe pisang meja yang cenderung lembut dan lembab, gorengan akan mudah melempem. Kenikmatan saat memakannya jadi berkurang.

      Berikut ini adalah jenis pisang yang cocok untuk digoreng.

Pisang Uli

      Pisang uli cocok untuk dijadikan pisang goreng karena berukuran sedang, tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil. Pisang ini memiliki aroma yang sedap dan juga rasa yang manis. Walaupun dimakan juga sebagai pisang meja, pisang uli cukup padat dan berpati sehingga tidak akan merusak tekstur lapisan tepung apabila digoreng.

Pisang Kepok

      Pisang ini merupakan pisang favorit banyak orang untuk digoreng. Ukurannya besar dan bentuknya agak gemuk. Rasa pisang ini juga netral dan cenderung creamy. Pisang ini cocok untuk digoreng karena teksturnya sangat stabil. Bahkan, setelah digoreng, tekstur pisang tetap padat, hampir tidak berubah bentuk.

Pisang Tanduk

      Pisang ini akan sangat mudah ditemukan di pasaran karena ukurannya yang besar dan panjang. Inilah pisang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan plantain atau pisang untuk keperluan masak. Pisang tanduk memiliki rasa yang agak asam, namun berangsur manis jika matang. Ukurannya yang besar membuat pisang harus dipotong-potong dulu sebelum digoreng.

Pisang Nangka

      Ini adalah pisang favorit banyak orang untuk digoreng. Rasanya dan aromanya manis mencolok, mirip dengan nangka. Warna pisang ini kuning cerah sehingga tampak cantik saat digigit. Kulitnya berwarna kehijauan dan tebal. Jika Anda adalah penyuka rasa manis, pisang ini bisa jadi pilihan untuk gorengan.

      Itulah jenis-jenis pisang yang cocok untuk digoreng. Dengan menggunakan pisang tersebut, dijamin gorengan kita akan lebih enak. Apalagi jika lapisan tepungnya pas dan garing. Hmmm.... Sedapnya. 
 
Sumber : Google.com
Diberdayakan oleh Blogger.