728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 20 September 2016

Lezatnya Citarasa Kopi Yellow

Kayuagung - OBMM Pecinta kopi wajib mencicipi kopi Yellow Caturra. Soalnya, kopi jenis Arabika ini memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Walau terkenal di Hawaii, ia juga ditanam di Indonesia. Dengan harga yang masih terjangkau, kita bisa mendapatkan dan menikmati kopi ini di rumah.

      Kopi Yellow Caturra Indonesia ditanam di Desa Beiwali, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Desa ini terletak 1.400 meter di atas permukaan laut sehingga menjadi habitat yang pas sebagai tempat bertanam kopi Arabika, kopi khas dataran tinggi.

      Jika kopi biasa dianggap matang saat sudah berwarna merah, uniknya kopi Yellow Caturra matang sempurna saat warnanya kuning. Bentuk biji kopi ini juga berbeda dengan kopi Arabika lain yang juga ditanam di Desa Beiwali. Kopi Yellow Catura berukuran lebih kecil dengan tekstur lebih keras.

      Rocky Rhodes, CEO dari International Coffee Consulting yang pernah melakukan coffee cupping (proses observasi rasa dan aroma kopi) di Indonesia, mengatakan bahwa kopi Yellow Caturra memiliki rasa yang paling unik dibandingkan dengan kopi lainnya di Indonesia.

      Umumnya, kopi Indonesia ditanam di daerah hutan di pegunungan. Ini menyebabkan rasanya cenderung earthy (seperti tanah) dan berat dengan tingkat keasaman yang rendah. Sebaliknya, kopi Yellow Catura Indonesia memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Aromanya dan rasanya juga lembut, perpaduan antara lemon, bluberi, apel hijau, dan bunga-bungaan.

      Tidak hanya di Indonesia, ternyata stereotip rasa kopi daerah di Hawaii pun juga dipatahkan oleh kopi Yellow Caturra ini. Jika kopi di Hawaii cenderung bercita rasa lembut dan manis, Yellow Caturra Hawaii bercita rasa kuat dengan aroma buah yang mencolok. Kopi Hawaii yang biasa dikeringkan dengan cara dijemur seharusnya kaya akan rasa beri dan anggur, namun Yellow Caturra justru memiliki perpaduan rasa lemon, vanila, dan markisa. Unik sekali, bukan?

      Dengan segala keunikannya, tidak ada salahnya mencoba kopi Yellow Catura sebagai pilihan kopi kita hari ini.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lezatnya Citarasa Kopi Yellow Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio