728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 15 September 2016

Makanan yg Harus dihindari saat Mengkonsumsi Obat

Kayuagung - OBMM Saat sakit pasti dokter akan langsung menyarankan untuk mengonsumsi obat dan makanan bernutrisi. Tapi, jangan salah, obmm juga harus menghindari makanan berikut saat sedang mengonsumsi obat-obatan, karena berdampak kurang baik tentunya bagi tubuh.

Jus Jeruk

      Kandungan enzim di dalam jus jeruk mempengaruhi beberapa zat penurun kolesterol, beberapa obat jantung, beberapa obat sistem kekebalan tubuh, dan beberapa obat-obatan alergi. Enzim tersebut akan mengganggu metabolisme banyak obat di dalam usus.

Makanan yang Kaya akan Vitamin K

      Sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, asparagus, dan selada meningkatkan sifat penggumpalan darah. Sehingga, jika obmm mengonsumsi vitamin K saat sedang mengonsumsi obat sama saja akan menetralkan efek obat tersebut di dalam darah.

Susu

      Kalsium yang terkandung di dalam susu juga dapat mengganggu penyerapan suplemen zat besi dan antibiotik, sehingga obmm akan kurang mendapatkan asupan tersebut di dalam aliran darah.

Makanan Berserat Tinggi

      Mempengaruhi beberapa antibiotik, seperti penisilin. Karena, serat dapat memperlambat laju metabolisme, terutama saat perut kosong, sehingga dapat memperlambat proses penyerapan obat juga. Jadi, sebaiknya obmm cukup mengonsumsi makanan berserat rendah saat mengonsumsi obat-obatan, terutama antibiotik.

Anggur Merah dan Jenis Keju Keras

      Mengandung senyawa yang disebut dengan tyramine, bertindak dengan cara yang sama dengan neuron otak sebagai antidepresi yang disebut monoamine. Jadi, dengan begitu anggur merah dan jenis keju keras dapat meningkatkan efek obat yang sedang obmm minum.

Kopi dan Minuman Berkafein

      Kandungan kafein dapat mempengaruhi obat asma dan obat anti-kecemasan.

Pisang

      Jangan makan pisang jika sedang mengonsumsi obat-obata, terutama ACE inhibitor seperti captopril, enalapril, dan lisinopril, yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah atau mengobati gagal jantung. Karena, ACE inhibitor dapat meningkatkan jumlah kalium dalam tubuh. Jika obmm makan pisang saat mengonsumsi ACE inhibitor berarti akan banyak jumlah kalium di dalam tubuh. Terlalu banyak kalium di dalam tubuh dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Makanan yg Harus dihindari saat Mengkonsumsi Obat Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio