728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 23 September 2016

Manfaatkan Sejengkal Tanah Dan Setetes Air Untuk Bercocok Tanam

Kayuagung - Guna mengoptimalkan pemanfaatan lahan usaha tani dengan menanam minimal 2 kali dalam setahun dengan motto "Manfaatkan Sejengkal Tanah Dan Setetes Air Untuk Bercocok Tanam", Jumat (23/09/16) dilakukan tanam serempak di Desa Sungai Jeruju Kecamatan Cengal, tentu dengan program pendampingan ke desa-desa dapat memberi motivasi kepada para petani serta mencari informasi permasalahan teknis di lapangan.

Hadir dalam tanam padi serempak, Kadin Pertanian OKI H Syarifuddin SP MSi, Dandim 0402/OKI-OI di wakili Danramil 402 - 11/ Tl selapan Kapten Inf Jainuri, LO dari Kementan untuk Kab OKI Bapak Pandu dan Bapak Bambang, Camat Cengal, Kepala UPTD Cengal, Kades Sungai Jeruju, Ketua Gapoktan dan kelompok petani.

Menurut Syarifudin, penanaman padi serentak ini akan dilakukan di hamparan cetak sawah yang belum tergarap di Tahun 2016. Pelaksanaan program cetak sawah ini melibatkan langsung anggota TNI Zeni AD dan Zeni Kodam II Sriwijaya.

Ditahun ini pihaknya menargetkan mampu merealisasikan program cetak sawah seluas 11.000 hektar. Menginggat adanya pemangkasan anggaran sehingga target diturunkan menjadi 9.146 hektar.

“Alhamdulillah sampai akhir September ini sudah sekitar 9.000 hektar yang sudah tergarap. Hampir 100 persen program cetak sawah ini terealisasi. Ini berkat dukungan penuh TNI dan keseriusan kelompok tani,” jelas Syarifudin.

Untuk itu, Kadin Pertanian OKI H Syarifuddin SP MSi menyebutkan, kalau program cetak sawah ini sebenarnya sudah diterapkan sejak 2011 lalu, dengan target awal berkisar 100 hingga 200 hektar. Seiring berjalannya waktu di tahun 2015 target luasan program cetak sawah mengalami peningkatan capai 1.000 hektar hingga tahun 2016 melonjak jadi 11.000 hektar.

“Alhamdulillah, cetak sawah yang ada di Kabupaten OKI setiap tahun ada peningkatan yang signifikan,” ucap Syarifudin semua itu tak lepas dari kerjasama dan dukungan dari pemerintah dan juga keteladanan para petani untuk bercock tanam.

Kadin Pertanian OKI H Syarifuddin SP MSi juga menambahkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan usaha tani dengan menanam minimal 2 kali dalam setahun dengan motto "Manfaatkan Sejengkal Tanah Dan Setetes Air Untuk Bercocok Tanam".

Untuk penanaman padi serentak yang dipusatkan di Desa Sido Mulyo Kecamatan Sungai Menang dan Teluk Gelam, rencananya akan dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman.

“Memang rencananya Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman akan menghadiri tanam padi serentak. Informasi terakhir dari pak dirjen yang disampaikan protokol kementerian bahwa yang akan hadir dari asisten teritorial AD Mayjen TNI Simanjuntak. Apakah ada perubahan, kami belum tahu dan menunggu konfirmasi lanjutan,” kata Kadin Pertanian OKI H Syarifuddin SP MSi.

Sementara itu Danramil 402 - 11/ Tl selapan Kapten Inf Jainuri yang mewakili Dandim 0402 OKI/OI menyampaikan permohonan maaf Dandim tidak bisa hadir di tengah-tengah warga, seyogyanya beliau akan hadir namun ada pekerjaan yg tdk bisa diwakilkan.

Danramil 402 - 11/ Tl selapan Kapten Inf Jainuri mengharapkan kepada seluruh petani yang tahun ini mendapat bantuan cetak sawah agar bisa memanfaatkan bantuan ini sebaik baiknya dengan jalan kita kerja keras dan giat untk merawat sawah yang sudah petani miliki, guna meningkatkan penghasilan keluarga jangn sia siakan bantuan yang sudah di berikan pemerintah khususnya bidang pertanian.kami dari TNI akan selalu mendampingi petani dalam bidang pertanian bahkan bidang yg lainnya untuk kesejateraan masyarakat.

Pada acara tersebut diserahkan bantuan,kepada kelompok petani berupa bibit padi untuk tanam serempak bersama.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Manfaatkan Sejengkal Tanah Dan Setetes Air Untuk Bercocok Tanam Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio