728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 20 September 2016

Mengenal Beberapa Bahan Minuman Herbal

Kayuagung - OBMM Tak hanya kunyit, kencur, dan temulawak, ada banyak bahan minuman herbal lainnya yang bisa obmm eksplor. Selain menyehatkan, bahan-bahan tersebut juga memiliki rasa yang enak.

      Berikut ini adalah macam bahan alami yang bisa diolah menjadi minuman yang sehat :

Serai

      Minuman serai bisa obmm siapkan dengan mudah di rumah. Caranya adalah dengan memotong-motong batangnya sepanjang 5-7 cm dan menggepreknya agar minyak atsiri di dalam serai keluar. Rebus dengan api kecil selama 20 menit. Sajikan bersama gula palem.

Alang-Alang

      Alang-alang mempunyai khasiat mendinginkan tubuh dan menyembuhkan panas dalam. Untuk mengolahnya menjadi minuman, cuci akarnya yang menggembung, lalu jemur hingga kering. Tumbuklah sampai halus menjadi bubuk dan seduh dengan air.

Asam Jawa

      Asam jawa dapat melancarkan metabolisme tubuh dan mengurangi kandungan kapur dalam tubuh. Untuk membuatnya menjadi minuman, rebus daging buah dengan air hingga menjadi cairan kental, lalu saring. Hidangkan dengan cara dicampur air dan sirup gula merah.

Rosela

      Rosela kering banyak dijual sebagai bahan minuman herbal. Jika mempunyai tanaman ini di rumah, petik bunganya dan jemur sampai kering. Seduhlah dengan air panas seperti menyeduh teh. Rasanya asam segar. Teh bunga ini juga manjur untuk mengobati darah tinggi.

Jahe Merah

      Khasiat jahe merah diyakini lebih tinggi daripada jahe putih. Jahe merah dapat mengobati mual dan rematik. Untuk membuatnya, cuci bersih jahe merah dan iris-iris tipis. Setelah itu, rebus dengan api kecil. Hidangkan dengan gula merah.

Induk Kunyit

      Untuk membuat minuman kunyit, bagian yang biasa digunakan adalah induk kunyit. Bagian ini lebih berair dan lebih tinggi kandungan minyak atsirinya sehingga manjur untuk obat masuk angin. Untuk membuatnya menjadi minuman herbal, parut induk kunyit sampai halus, lalu campur dengan air. Peras dan rebus di api kecil tak sampai mendidih. Sajikan dengan madu.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Beberapa Bahan Minuman Herbal Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio