728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 20 September 2016

Mengenal Berbagai MAcam Alat MAsak Tradisional

Kayuagung - OBMM Praktik memasak dengan alat masak tradisional Indonesia masih sering dilakukan hingga sekarang. Pasalnya, alat masak ini dipercaya dapat memberikan rasa yang lebih enak pada makanan daripada alat masak modern. Menarik, bukan? Mari kita tengok berbagai alat masak tradisional yang cocok kita miliki di dapur.

Anglo dan Gerabah
 
      Anglo adalah tungku bara api yang terbuat dari tanah liat. Ia biasa digunakan untuk memanaskan hidangan yang dimasak di wadah tanah liat, baik berbentuk panci ataupun wajan. Tanah liat memiliki sifat berpori sehingga lebih baik dalam menghantarkan panas, juga bersuasana alkali sehingga dapat menetralkan rasa asam pada bahan makanan. Karena itulah makanan yang dimasak dengan gerabah cenderung lebih manis. Makanan tersebut juga akan memiliki sensasi rasa asap yang datang dari bara api sebagai sumber panas.

Cobek dan Ulekan

      Cobek dan ulekan tradisional adalah alat penggiling yang terbuat dari batu vulkanik tua. Teksturnya kokoh dan keras sehingga tidak mudah menjadi cekung. Alat ini membuat bahan yang dihaluskan lebih enak. Pasalnya, proses menggiling akan mememarkan bahan-bahan sehingga minyak aroma yang terkandung di dalamnya akan keluar, berbeda dengan memblender yang prinsipnya adalah memotong bahan dengan pisau. Dalam memblender tidak ada proses mememarkan adonan, juga menimbulkan panas karena gesekan dengan bahan.

Dandang dan Aseupan

      Ini adalah alat untuk memasak nasi. Dandang adalah tempat merebus air dari logam, sedangkan aseupan adalah alat dari bambu berbentuk kerucut untuk menampung beras. Untuk memasak nasi, aseupan diletakkan di atas dandang sehingga uap air naik mengukus beras yang ada di dalamnya. Inilah alasan mengapa nasi tumpeng berbentuk kerucut, yaitu karena dimasak menggunakan aseupan. Diyakini, nasi yang dimasak menggunakan dandang dan aseupan akan lebih lembut karena ada proses pengadukan nasi selama dipanaskan. Berbeda dengan penggunaan rice cooker yang nasinya tidak diaduk.

Centong Kelapa
 
      Ini adalah sejenis sendok yang digunakan untuk mengambil nasi dan menyendok atau mengaduk hidangan berkuah. Sendok ini terbuat dari batok kelapa. Nilai lebihnya ada di sisi estetika karena bentuknya yang unik. Nasi yang disendok dengan alat ini juga akan berbentuk bulat dan cantik.

Sumber : google.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Berbagai MAcam Alat MAsak Tradisional Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio