728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 13 September 2016

Mengenal BUmbu Rempah Khas Timur Tengah

Kayuagung - OBMM Bumbu rempah khas Timur Tengah ada banyak jenisnya. Persamaannya adalah di racikan bumbunya yang langsung membuat makanan menjadi harum dan kaya rasa. Apa sajakah jenis bumbu rempah tersebut? Mari kita simak ragamnya.

Garam Masala

      Garam masala adalah bumbu rempah khas India. Bumbu ini berasal dari India bagian utara yang berudara dingin dan berfungsi sebagai unsur penghangat dalam makanan.

      Pada perkembangannya, masing-masing daerah di India juga memiliki resep garam masalanya sendiri sehingga menjadi rempah dasar kuliner India. Resep garam masala khas India Utara terdiri dari kapulaga hijau, jintan hitam, cengkeh, lada hitam, kemiri, dan kayumanis. Namun, versi daerah lain banyak pula yang menggunakan lada putih, ketumbar, jintan, jintan putih, pala, hingga kapulaga hitam.

Five-Spice Tunisia (Qalat Daqqa)

      Ternyata, tidak hanya masyarakat Tiongkok yang mempunyai rempah five-spice. Tunisia pun memilikinya.

     Bumbu ini disebut qalat daqqa dan digunakan untuk membumbui lamb tagine dan hidangan sayuran, terutama yang terbuat dari terong. Bumbu ini terdiri dari lada hitam, cengkeh, cabai Guinea, kemiri, dan kayumanis dan berfungsi untuk memberikan rasa hangat yang manis.

Ras El Hanout

      Bumbu dari Maroko ini sangat unik dan kompleks. Bayangkan saja, campurannya bisa terdiri dari 20 jenis! Bahan-bahannya pun ada yang tidak biasa, seperti beri belladona, ashberry, hingga kumbang Spanyol.

      Bumbu ini juga memiliki unsur harum bunga yang berasal dari kelopak bunga mawar dan lavender. Rempah lainnya yang dimasukkan di antaranya adalah kunyit, lengkuas, kapulaga hijau, dan kemiri. Bumbu ini biasa dipakai untuk membumbui nasi, couscous, dan berbagai daging.

Baharat Arab

      Baharat adalah bumbu dasar khas Arab. Baharat secara harfiah berarti “bumbu”. Seperti garam masala, masing-masing daerah memiliki versinya sendiri-sendiri. Contohnya, baharat Afrika Utara lebih pedas, baharat Mesir banyak menggunakan jintan putih, sementara baharat Gulf aromanya lebih manis karena menggunakan kapulaga dan pala. Baharat biasa digunakan sebagai bumbu marinasi, acar, daging, dan sayuran.

Obmm itulah berbagai bumbu rempah khas Timur Tengah nan eksotis. Jika mempunyai kesempatan untuk membelinya, coba saja agar menu harian obmm semakin bervariasi.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal BUmbu Rempah Khas Timur Tengah Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio