728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 16 September 2016

Penanaman Serempak Cetak Sawah Perdana Di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Lubuk Seluas 690 Ha

Kayuagung -Komando Distrik Militer (Kodim) 0402 OKI, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir Dalam hal ini Dinas Pertanian Kab OKI, serta masyarakat menanam padi secara serentak guna mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Penanaman padi secara serentak itu mengusung tema "Kita Tingkatkan Produksi Padi untuk Kesejahteraan Petani dan Ketahanan Pangan", Penanam perdana cetak sawah baru dilakukan didesa Tanjung Beringin seluas 690 ha, yang dibagi kepada 6 kelompok tani yang beranggotakan 25 – 30 petani Kecamatan Tanjung Lubuk, Jum’at (16/09/16). 

Penanaman padi serentak di Desa Tanjung Beringin di hadiri Kasdim 0402 OKI, Wakalaplak Cetak Sawah Lahan Kolonel Susanto dari Ziad Mabes TNI, Kapten Inf Tamzil Danramil Tanjung Lubuk, Camat Tanjung Lubuk, Ibu Persit, dan para Petani. 

Penanaman serentak ini dilaksanakan pada tanggal 16 september – 30 september mendatang. Meliputi 6 kecamatan di lahan cetak sawah baru, yakni Kecamatan Sungai Menang, Cengal, Tulung Selapan, Tanjung Lubuk, Teluk Gelam, dan Pampangan. 

Dandim 0402 OKI melalui Kasdim 0402 Kayuagung Maypor David Suardi mengatakan “Untuk di OKI sendiri ada 11.000 laha cetak sawah baru. Saat ini kita gelar penanaman serentak.” 

Ia juga melanjutkan “Tujuan dalam penanaman serentak ini, agar lahan cetak sawah baru yang diolah langsung ditanam, sehingga tidak menjadi semak belukar lagi.”TNI dari Ziad, Zidam dan jajaran Kodim telah membantu dalam pembuatan cetak sawah baru. Dalam proses penenaman hingga panen pun kita tetap mendampingi petani,”Tegasnya. 

Kepala UPTD Pertanian Tanjung Lubuk Hermansyah menambahkan “Dinas pertanian juga menyalurkan bantuan pupuk, benih dan alat berat. Diharapkan hasilnya nanti dari lahan tersebut mencapai 3-3,5 ton gabah kering giling per ha." 

Camat Tanjung Lubuk Dilyanto berharap “Dengan adanya program cetak sawah baru dan penanaman serentak ini maka lahan yang dulunya menghasilkan masalah malah bermanfaat karena menghasilkan padi, sehingga mampu menambah alternative mata pencaharian masyarakat serta meningkatkan ekonomi." 

Penanaman padi serentak ini untuk peningktan pertanian dan membantu petani dalam upaya penenaman pada lahan sawah yang ada di Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ilir OKI.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Penanaman Serempak Cetak Sawah Perdana Di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Lubuk Seluas 690 Ha Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio