728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 15 September 2016

Wajib diketahui Bahan Makanan yg Mengandung Sianida

Kayuagung - OBMM Selama ini mungkin kita tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada banyak bahan makanan sehari-hari yang mengandung sianida. Sianida pada bahan makanan ini umumnya timbul secara alami dan dalam jumlah yang kecil. Namun, dalam kuantitas yang cukup tinggi, racun sianida dapat membahayakan tubuh dan bahkan menyebabkan kematian.

      Berikut ini adalah berbagai bahan makanan yang mengandung sianida secara alami.

Apel

      Salah satu buah yang paling sering kita konsumsi ini memang mengandung sianida. Tapi, jangan takut. Sianida pada buah apel hanya ada di dalam bijinya.

      Konsentrasinya juga tidak begitu besar, yaitu hanya sekitar 0,49 miligram per biji buah. Jika berat badan obmm 60 kg saja, maka akan butuh sekitar 100 biji buah apel untuk membunuh obmm.

Singkong
 
      Singkong berpotensi menghasilkan sianida karena kandungan alami linamarin dan lotaustralin di dalamnya. Menurut jurnal yang diterbitkan oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), salah satu hasil dari proses hidrolisis kedua kandungan tersebut adalah aseton sianohidrin.

      Dalam kondisi netral, aseton sianohidrin akan didekomposisi menjadi aseton dan sianida. Akan tetapi, zat ini dapat dihindari dengan memilih singkong yang bersih dari bercak-bercak kebiruan.

Rebung
 
      obmm menyukai rebung? Pastikan untuk mengolahnya dengan benar. Pasalnya, rebung mengandung taksifilin, zat yang dapat diubah menjadi sianida di dalam tubuh.

      Jumlah sianida dalam rebung cukup bervariasi. Dalam 1 kg rebung basah dapat mengandung 39 hingga 434 miligram sianida. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengolah rebung dengan seksama. Selain menghilangkan kandungan racun, rebung juga tidak akan berbau pesing.

Bayam
 
      Walau bayam merupakan sayuran yang menyehatkan dan bergizi, ternyata bayam mengandung sedikit zat sianida. Sianida ini khususnya banyak terdapat pada bayam yang belum diolah, alias mentah. Akan tetapi, karena jumlahnya juga tidak terlalu signifikan, proses pemasakan pada bayam dapat segera menghilangkan kandungan sianida tersebut.

      Itulah bahan makanan yang mengandung sianida, yang kerap kita konsumsi sehari-hari. Namun, karena kandungan sianidanya tidak besar, jadi kita tidak perlu takut dan menghindarinya. Apalagi, bahan-bahan makanan tersebut khasiatnya juga banyak.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Wajib diketahui Bahan Makanan yg Mengandung Sianida Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio