wajib tau Inilah Negara Penghasil Susu Ternama di Dunia

Kayuagung - Pernahkah obmm berpikir tentang negara penghasil susu di dunia ini? Selain diberkahi dengan alam yang mumpuni, negara tersebut juga serius dalam mengelola sumber dayanya. Hasilnya, keuntungan mereka pun dapat memakmurkan negaranya.

      Ini dia beberapa negara penghasil susu terkenal di dunia :

Tiongkok

      Di Asia, Tiongkok merupakan salah satu penghasil susu yang paling makmur. Banyak pula keluarga yang memproduksi susu secara rumahan. Diperkirakan, ada sekitar 14 juta sapi perah di Tiongkok. Sejak Rusia berhenti mengimpor susu dari Eropa, Tiongkok menjadi pemasok utama. Penjualan susu di Tiongkok mencapai 35,7 juta ton per tahun.

Selandia Baru

      Selandia Baru diberkahi alam yang subur serta iklim yang baik untuk berternak sapi perah. Negara ini sudah mengekspor susu sejak tahun 1846. Bahkan, kini 10 persen produksi susu keseluruhan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan negara. Jumlah sapi yang ada di sana mencapai 5 juta ekor. Selandia Baru juga konsisten menerapkan teknologi baru demi meningkatkan produksi.

Perancis

      Tidak heran bahwa negara pecinta keju ini jadi salah satu negara penghasil susu terbesar di dunia. Penghasilannya dari penjualan susu juga mencengangkan. Tahun 2015 saja produksi susu menyumbang untung 709,7 juta USD untuk Perancis. Terhitung, ada 15.601 peternakan susu di Perancis. Selain produksi yang besar, susu Perancis juga terkenal karena mutu tinggi dan kesegarannya.

Amerika Serikat

      Amerika Serikat merupakan negara eksportir susu yang termashyur. Ada sekitar 50.000 peternakan susu di sana. 3 persennya adalah peternakan susu besar dengan jumlah sapi mencapai 15.000 ekor per peternakan. Sisanya terdiri dari peternakan susu rumahan dengan jumlah sapi mencapai 30 ekor per rumah. Setiap tahun, Amerika menghasilkan 23 miliar galon susu.

India

      Negara yang menjunjung tinggi kesucian sapi ini punya keunikan tersendiri dalam ekspor susu karena tak hanya sapi, kerbau pun ikut diperah untuk diambil susunya. India memiliki 130.000 kelompok peternak susu dengan 80 persen produksi susu berasal dari peternakan kecil. Pamor negara ini sebagai penghasil susu dimulai tahun 2012 ketika India berhasil memproduksi 54 juta ton susu. Kini jumlahnya bertambah mencapai dua kali lipatnya.

      Selain produknya yang berkualitas, ternyata usaha beberapa negara penghasil susu tersebut dalam menguasai pasar dunia juga patut diacungi jempol. 

Sumber : Google.com
Diberdayakan oleh Blogger.