728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 15 September 2016

Waspada Penyebab Penuaan Dini

Kayuagung - OBMM Secara biologis, perbedaan terlihat lebih tua atau awet muda sebenarnya lumrah saja, karena tubuh mengalami proses penuaan dengan kecepatan yang berbeda. Setidaknya ada 8 penyebab penuaan dini.

Kurang Gizi

      Kulit tidak akan mudah keriput jika tiap hari kita rutin mengonsumsi makanan dengan cukup kandungan vitamin E dan lemak baik. Otot tidak akan gampang kendur jika kita cukup mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B kompleks. Pembuluh darah tidak akan gampang mengalami penebalan jika kita cukup mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan.

Stres Psikis

      Kondisi stres akan menyebabkan gangguan hormonal yang akan merusak keseimbangan sel-sel sehat, sehingga akan menimbulkan penuaan dini.

Stres Fisik

      Jika stres psikis menyerang pikiran, stres fisik awalnya menyerang sel-sel otot. Stres ini bisa disebabkan oleh penyakit kronis (seperti diabetes), jam kerja yang terlalu panjang, atau pekerjaan yang terlalu menguras energi.

Kurang Istirahat

      Pada dasarnya, sel tubuh akan melakukan peremajaan setiap hari. Sel yang mati akan digantikan dengan sel baru. Proses ini berlangsung paling efektif ketika kita sedang tidur nyenyak. Itu sebabnya jika kita kurang istirahat proses penuaan akan lebih cepat terjadi.

Oksidan

      Oksidan ibarat penyebab karat pada besi. Aktifitas fisik yang berat, termasuk olahraga yang berlebihan bisa menghasilkan oksidan di sel otot. Adapun oksidan yang berasal dari luar tubuh, seperti asap rokok, alkohol, paparan polusi, zat kimia, atau sinar matahari.

Menopause

      Sebagian perempuan mengalami menopause lebih cepat dari seharusnya. Mereka ini biasanya akan mengalami penuaan lebih cepat dari sebayanya. Ketika menopause, tubuh mengalami perubahan hormonal yang drastis, sehingga akan menyebabkan turunnya kebugaran sel tubuh secara keseluruhan.

Kurang Olahraga

      Olahraga akan membuat sel tubuh aktif dan bugar. Peredaran darah menjadi lebih lancar, suplai makanan juga menjadi lebih baik, sehingga sel tubuh menjadi lebih awet muda dan awet bugar. Orang yang aktif berolahraga dengan dosis yang pas pada umumnya lebih awet muda.

Keturunan (Genetik)

      Meski faktor terakhir ini berperan, ia bukanlah faktor yang paling penting. Tujuh faktor di atas jauh lebih berperan. Maka, jika kita tidak ingin mengalami penuaan dini, kita harus mengelola ketujuh penyebab di atas dengan benar.

Sumber : Google.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Waspada Penyebab Penuaan Dini Rating: 5 Reviewed By: Kayuagung Radio